Sukses

Genjot Pariwisata Mojokerto dengan Festival Majapahit Virtual

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, Festival Majapahit 2021 menggantikan rencana kegiatan Pekan Budaya Majapahit yang gagal pada Juli lalu.

Liputan6.com, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto menggelar Festival Majapahit 2021 secara virtual untuk meningkatkan pariwaisata di masa pandemi. Festival dijadwalkan diselenggarapan pada Rabu (25/8/2021).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, Festival Majapahit 2021 muncul menggantikan rencana kegiatan Pekan Budaya Majapahit 2021 yang sedianya digelar langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas) Juli lalu.

"Namun, situasi pandemi COVID-19 saat itu terjadi gelombang dua dengan tingkat keterpaparan COVID-19 yang sangat tajam sehingga pergelaran pekan budaya itu tidak mungkin dilaksanakan secara langsung," katanya.

Ia mengatakan, awalnya Pemkot Mojokerto bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dalam penyelenggaraan Pekan Budaya Majapahit 2021 untuk mewujudkan program prioritas kepala daerah di bidang pariwisata.

"Kegiatan direncanakan berlangsung digelar di satu titik, yakni Taman Benpas. Namun, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan harus digelar secara virtual," katanya.

Ning Ita, sapaan akrabnya, mengatakan pembangunan bidang budaya dan pariwisata harus tetap berjalan, meski menghadapi pandemi COVID-19.

Ketua Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto Gaguk Tri Parsetyo mengatakan dalam Festival Majapahit 2021 beberapa kegiatan sudah divisualkan, seperti tari Majapahit, pameran batik Majapahit, pergelaran wayang, foto-foto bangunan bersejarah, batik lawasan, dan ajang lainnya.

"Laman yang disajikan panitia pelaksana bisa jadi destinasi festival yang dapat menjangkau publik tanpa sekat geografis, jadi secara jangkauan, festival ini lebih luas," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Live Streaming

Festival yang beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19 ini dimulai pukul 13.00 WIB ditandai dengan sambutan pembukaan oleh budayawan Sudjiwo Tejo yang mendalang tentang Majapahit.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, katanya, juga akan memberi sambutan sekaligus meresmikan Festival Majapahit 2021 yang dapat disaksikan secara langsung melalui laman resmi Festival Majapahit yang beralamat di www.festivalmajapahit.com.

Publik bisa mengikuti acara yang juga digelar secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming Youtube Bank Indonesia Jatim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.