Sukses

Vaksinasi Moderna Mulai Sasar Warga Umum Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, vaksinasi massal dosis pertama itu akan menggunakan Moderna. Sebelumnya, Moderna hanya diberikan untuk tenaga kesehatan.

 

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Surabaya akan menggelar serbuan vaksinasi massal dosis pertama untuk masyarakat umum di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya, Kamis (26/8/2021). Vaksinasi massal itu akan menggunakan vaksin Moderna.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, vaksinasi massal dosis pertama itu akan menggunakan Moderna. Sebelumnya, Moderna hanya diberikan untuk tenaga kesehatan.

“Ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), berbeda. Ini yang untuk umum,” kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (25/8/2021).

Eri menjelaskan, untuk bisa mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama, masyarakat diwajibkan mendaftar terlebih dahulu melalui link yang sudah disediakan. Yakni, di laman http://bit.ly/ PendaftaranD1Moderna26agt.

“Pendaftarannya sudah dibuka. Mereka bisa mendaftar melalui link yang sudah tersedia,” jelasnya.

Ia menerangkan, vaksinasi massal itu bakal menyediakan sekitar 2 ribu dosis vaksin. Karena jumlah vaksin terbatas, maka pesertanya juga dibatasi. Sehingga, warga tidak menyerbu ke lokasi vaksinasi agar menghindari terjadinya kerumunan.

"Ini kita lakukan biar nanti semua tidak menyerbu ke lokasi. Kasihan kalau sudah datang tapi tidak dapat vaksin,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga untuk menjadi peserta vaksin Moderna dosis pertama. Di antaranya, warga harus ber-KTP Surabaya dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Kemudian, mereka juga belum menerima vaksin Covid-19 sebelumnya.

“Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00 WIB di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat yang berlaku,” kata Febria.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman Digunakan

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Moderna dosis ketiga yang berfungsi sebagai immune booster bagi tenaga medis, masih terus dilakukan. Pemkot Surabaya menggelar kembali vaksinasi untuk SDMK mulai tanggal 25 - 28 Agustus 2021 di Atlas Sport Center Surabaya.

“Sasarannya itu tenaga medis yang bekerja di klinik, apotek, laboratorium, dan praktik mandiri perorangan. Untuk yang bekerja di Rumah Sakit (RS) dan puskesmas, pelayanan vaksinasinya telah dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, vaksin Moderna memang memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda untuk setiap orang. Meski demikian, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

“Terkait dengan efek pasca vaksinasi memang berbeda untuk setiap orang, yang pasti vaksin Moderna aman untuk digunakan,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.