Sukses

Vaksinasi Disabilitas di Banyuwangi Tuntas 100 Persen dalam 3 Pekan

Menurut Ipuk, capaian tersebut tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh seluruh fasilitas kesehatan, TNI/Polri, camat, kades, dan berbagai pihak lainnya.

Liputan6.com, Banyuwangi Selama tiga pekan, vaksinasi COVID-19 khusus penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Banyuwangi, sukses terlaksana 100 persen per 31 Agustus 2021.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, vaksinasi untuk disabilitas itu menarget sebanyak 1.090 orang.

"Terima kasih kepada tenaga kesehatan, TNI, Polri, camat, kades, dan berbagai pihak lainnya yang telah bekerja keras mendukung program ini," ujar Bupati Ipuk, Rabu, 1 September 2021, dilansir dari Antara.

Berdasarkan data rekapitulasi vaksinasi disabilitas dari Dinkes Provinsi Jatim, Banyuwangi berada di peringkat pertama daerah yang berhasil memenuhi target vaksinasi bagi kelompok disabilitas yang memakai vaksin Sinopharm.

Menurut Ipuk, capaian tersebut tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh seluruh fasilitas kesehatan, TNI/Polri, camat, kades, dan berbagai pihak lainnya untuk mensukseskan program vaksinasi ini. Mulai dari menggelar vaksinasi di lokasi yang dekat dengan rumah warga, hingga melakukan jemput bola mendatangi rumah-rumah sasaran vaksinasi.

"Kami sangat mengapresiasi capaian ini. Dengan berbagai cara inovatif yang dilakukan semua pihak, semoga teman-teman penyandang disabilitas ini bisa terus sehat, terlindungi dari COVID-19," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dosis Kedua

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr. Widji Lestariono menjelaskan program vaksinasi dosis pertama bagi penyandang disabilitas ini dimulai sejak 10 Agustus lalu. Adapun penyuntikan dosis dua akan dilakukan dalam interval 21 hari.

"Untuk tahap dua, vaksin sudah kami siapkan dan telah terdistribusi ke seluruh fasilitas kesehatan se-Banyuwangi. Jadi tinggal menunggu jadwal pelaksanaannya," tuturnya.

Data diperoleh, per 31 Agustus 2021 sudah ada 557.102 warga Banyuwangi yang telah menerima vaksin dosis pertama, dan 234.164 warga telah menerima dosis kedua, serta 4.577 tenaga kesehatan telah menerima vaksin dosis ketiga.

Capaian vaksinasi dosis satu sebanyak 557.102 warga tersebut setara 41,57 persen dari sasaran vaksinasi yang ada di Banyuwangi (1,3 juta orang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.