Sukses

Upaya Surabaya Menuju Zona Hijau Covid-19

Walaupun Surabaya sudah masuk zona kuning, lanjut dia, tetap harus waspada, tetap jaga protokol kesehatan.

Liputan6.com, Surabaya - Upaya membawa Surabaya menjadi zona hijau Covid-19 terus dilakukan. Di antaranya dengan memperkuat pemeriksaan dini serta pelacakan.

"Kami ingin tracing dan testing di Surabaya ke depan bisa lebih dimasifkan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita, Kamis (2/9/2021), dikutip dari Antara.

Febria bersyukur, Surabaya telah berstatus zona kuning. Menurutnya, untuk mempertahankan atau menurunkan zona kuning ke hijau, adalah dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes).

Walaupun Surabaya sudah masuk zona kuning, lanjut dia, tetap harus waspada, tetap jaga protokol kesehatan. Untuk itu, kata dia, yang harus dilakukan adalah tetap 3M (memakai makser, menjaga jarak dan menghindari kerumunan) serta tracing dan testing secara masif.  Semakin cepat menemukan kasus, maka semakin cepat isolasi dan diobati.

"Testing di Surabaya mencapai 4.500. Untuk yang tracing sudah 1:28. Kalau target dari pusat (nasional) 1:15, tetapi kami sudah 1:28. Menurut saya adalah setiap kontak erat harus tetap kita temukan dimanapun," katanya.

Selain testing dan tracing, Pemkot Surabaya bersama instansi terkait juga terus memasifkan pelaksanaan vaksinasi. Data Dinkes Surabaya mencatat, vaksinasi dosis pertama di Surabaya telah mencapai 1.902.209 atau 85,76 persen dari target Provinsi Jawa Timur. Sedangkan vaksinasi dosis kedua, sudah mencapai 1.330.505 atau 59,98 persen dari target Jatim. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Bangkit

Wali Kota Surabata Eri Cahyadi mengatakan, bahwa Surabaya harus bisa bangkit sehingga roda perekonomian bisa segera berjalan. Sebab, selama ini, pandemi telah berdampak begitu signifikan terhadap sektor kesehatan, sosial maupun ekonomi. 

Makanya, target selanjutnya yang harus segera dicapai adalah Surabaya menuju zona hijau atau bebas COVID-19.

"Karena tujuan kita cuman satu, warga Surabaya bahagia. Mulai hari ini kita harus kembali menggerakkan roda perekonomian sehingga warga Surabaya bisa mencapai kebahagiaannya. Karena itulah zona hijau menjadi sasaran kita selanjutnya," kata Eri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.