Sukses

Misteri Puluhan Makam di Banyuwangi Rusak Mendadak

Puluhan makam di TPU Desa Yosomulyo, Gambiran, Banyuwangi rusak mendadak.

Liputan6.com, Surabaya- Puluhan makam di TPU Desa Yosomulyo, Gambiran, Banyuwangi rusak mendadak. Kerusakan terjadi pada bagian nisan di TPU Banyuwangi itu dan sebagian terbongkar.

Kerusakan makam itu diketahui ketika salah satu warga berziarah ke salah satu makam, Sabtu (4/9/2021).

Menurut Rini, salah satu warga, ia mendapat telepon dari keponakannya yang mengatakan nisan kakeknya dirusak.

"Saya langsung datang ke makam dan ternyata benar nisan bapak saya rusak, di sekitar juga makam-makam rusak bahkan ada bongkaran makam yang dipinggirkan dekat jurang," ujarnya, seperti yang dikutip dari TIMES Indonesia, Minggu (5/9/2021).

Ia mellihat sebagian besar makam yang dirusak berada di sebelah barat. Ia juga tidak mengetahui motif perusakan makam di TPU Banyuwangi itu dan sudah melaporkan ke perangkat desa.

Hal senada juga dialami Suwarno, warga lainnya, yang mendapati makam milik saudaranya rusak parah. Ia kan melaporkan kasus ini ke polisi jika makam sengaja dirusak.

Kepala Desa Yosomulyo, Joko Utomo membenarkan adanya perusakan makam di wilayahnya dan membentuk tim untuk menyelidiki. Sampai sejauh ini, ia belum melaporkan perusakan makam di Banyuwangi ini ke polisi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan persoalan ini dilaporkan ke polisi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.