Sukses

Waduk Bendo Ponorogo Siap Beroperasi, Diresmikan Jokowi Besok

Tak hanya meresmikan Waduk Bendo, kehadiran Presiden RI Jokowi besok, juga akan meninjau langsung vaksinasi Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Ponorogo.

Liputan6.com, Ponorogo - Waduk Bendo di Desa Ngindeng Ponorogo, siap beroperasi. Recananya waduk tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, Selasa besok (7/9/2021).

"Besok Insyaallah Bapak Presiden akan datang ke Ponorogo. Kami berhari-hari sudah koordinasi koordinasi dengan Korem, Dandim dan Peotokol Provinsi," kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Senin (6/9/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Waduk Bendo yang dibangun 2013 dengan menggunakan dana APBN Rp 1,07 triliun tersebut, akan mampu menampung air 43,11 juta meter kubik dengan tinggi bendungan 71 meter, dan diprediksi mampu mengaliri kebutuhan air 7.800 hektar lahan pertanian.

"Keberadaan Waduk Bendo tidak hanya menanggulangi banjir, tetapi juga dapat mengairi 7.000-an hektare lebih sawah," ulas Sugiri Sancoko.

Dia optimistis kalau Waduk Bendo Ponorogo bisa menjamin ketersediaan air, karena sebelumnya kebutuhan air di lahan pertanian tersebut bergantung dari hujan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Vaksinasi

"Dengan hadirnya Waduk Bendo petani akan mendapat suplai air dan akan meningkatkan kuantitas serta kualitas hasil panen," jelas Sugiri Sancoko.

Ia juga yakin produksi padi Ponorogo yang saat ini surplus 214.000 ton per tahun, akan meningkat lebih banyak lagi setelah Waduk Bendo diresmikan operasionalnya.

Tak hanya meresmikan Waduk Bendo, kehadiran Presiden RI Jokowi besok, juga akan meninjau langsung vaksinasi Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Ponorogo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini