Sukses

Kolaborasi Pemkot Surabaya dan PLN Siap Amankan Pasokan Listrik ke Madura

Menurutnya, pelaksanaan kesepakatan kerjasama antara PLN dengan Pemkot Surabaya ini akan terus berlangsung selama SKTT 150 kV berada di jembatan Suramadu.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan PLN grup Jatim untuk meningkatkan keandalan dalam hal pengamanan bahaya kebakaran pada pembangunan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV di Jembatan Suramadu.

SKTT 150 kV mengalirkan suplai listik dari Gardu Induk Kedinding ke Gardu Induk Bangkalan melalui Jembatan Suramadu untuk menjamin keandalan listrik di Pulau Madura, mulai Bangkalan hingga Sumenep.

"Penambahan SKTT ini adalah hal penting karena kabel yang saat ini telah terpasang sejumlah 2 sirkit memiliki daya 300 MW, sedangkan kebutuhan di Madura telah mencapai 280 MW, karena pertumbuhan listrik di Madura cukup signifikan,” ujar GM PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bali Madura, Suroso, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, pelaksanaan kesepakatan kerjasama antara PLN dengan Pemkot Surabaya ini akan terus berlangsung selama SKTT 150 kV berada di jembatan Suramadu.

“Hari ini ditandatangani MoU dengan Pemkot Surabaya untuk teknis operasional pengamanan bahaya kebakaran berupa penyediaan alat pemadam kebakaran, personel dan SOP untuk manajemen pemadam kebakaran pada kabel SKTT di jembatan Suramadu, sejak masa kontruksi hingga beroperasi,” terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Eri Cahyadi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi positif rencana tersebut. Bahkan, pada saat audiensi dengan manajemen PLN di wilayah Jawa Timur, ia memastikan akan terus mensupport langkah PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik ke Madura.

“Kami pasti dukung setiap langkah PLN untuk membantu berputarnya perekonomian masyarakat,” kata Wali Kota Eri.

Bahkan, setelah pertemuan itu, Wali Kota Eri langsung meminta Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Dedik Irianto untuk mengawal kerjasama itu.

Berbagai persiapan teknis dan pengamanannya diminta untuk dibantu semuanya, supaya pasokan listrik di Surabaya dan Madura semakin lancar. “Tolong nanti ditindaklanjuti ini ya,” katanya kepada Dedik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.