Sukses

VIDEO: Jatim Park Miliki Koleksi Baru 2 Macan Dahan

Liputan6.com, Jakarta Kebun binatang di Jatim Park yaitu Batu Secret Zoo, kedatangan dua hewan baru, yaitu dua macan dahan. Keberadaan macan dahan ini menjadikan Batu Secret Zoo sebagai satu-satunya kebun binatang di Indonesia yang memiliki koleksi tersebut yang sudah cukup langka di habitat liarnya.

Obyek wisata Jatim Park kini menjadi satu-satunya lembaga konservasi hewan di dunia yang memiliki koleksi dua spesies harimau, atau macan dahan yang terancam punah. Seekor macan dahan bernama Kapten, berumur 6 tahun merupakan hasil sitaan dari seorang kolektor satwa langka pada bulan Juni lalu.

Sedangkan seekor lagi bernama Usti umur 7 tahun didatangkan dari sebuah kebun binatang di Ceko. Macan dahan memiliki habitat di Pulau Kalimantan, Sumatra dan Pulau Jawa.

Berdasarkan data lembaga konservasi lingkungan atau WWF, populasi macan dahan di alam liar kini tak lebih dari 10 ribu ekor. Angka tersebut masih akan terus berkurang, karena perburuan ilegal. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (6/9/2021).

“Jadi kita memiliki dua pasang neofelis diardi yang berasal dari Kalimantan, terus kita juga punya Kapten ini yang berasal dari penangkapan ilegal, terus berhasil direhabilitasi dan akhirnya Juni 2020 datang di Batu Secret Zoo, kita punya dua ekor sunda clouded leopard, jantan, yang dari Asia, persebaran dari hutan Asia sampai Pegunungan Himalaya, di area tiger land kita punya sepasang, untuk yang clouded leopard dari Asia ini warnanya cenderung lebih cerah,” jelas drh. Roosy Margaretha Riupassa, Dokter Hewan Batu Secret Zoo.

Di masa pandemi, stok makanan macan dahan masih aman, dengan pemberian daging kanguru impor dari Australia. Penyemprotan disinfektan dan sterilisasi kandang wajib diberlakukan untuk menjaga kelangsungan hidup macan dahan yang terancam punah.