Sukses

Cegah Kasus Kebakaran Tangerang, Instalasi Listrik dan APAR di Lapas Madiun Dicek

Terkait APAR, dia juga memastikan pihak lapas juga telah melakukan perawatan dan penggantian secara berkala. Sehingga bisa digunakan saat ada insiden.

Liputan6.com, Madiun - Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono memastikan kondisi instalasi listrik dan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) yang ada di Lapas Kelas I dan Pemuda Madiun masih kondusif.

“Ini bentuk kesiapsiagaan kami kalau terjadi kebakaran di dalam lapas atau rutan,” ujar Krismono usai sidak di dua lapas besar di Kota Gadis, Madiun, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, secara umum instalasi dan APAR di dua lapas di Madiun relatif baik. Instalasi listrik rapi dan cukup aman. Hanya saja, dia mewanti-wanti kepada lapas yang memanfaatkan bangunan lama peninggalan Belanda.

“Kondisinya harus lebih dipastikan, karena secara umur sudah tua,” ucapnya.

Terkait APAR, dia juga memastikan pihak lapas juga telah melakukan perawatan dan penggantian secara berkala. Sehingga bisa digunakan saat ada insiden.

"Langkah pertama penanganan kebakaran di dalam lapas harus cepat dengan didukung peralatan yang memadai," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada

Dia berharap jajarannya tidak lengah dan selalu mengedepankan jargon waspada jangan-jangan. Selain itu, juga memperkuat koordinasi dengan instansi terkait. Yaitu Aparat Penegak Hukum lain dan pemadam kebakaran.

“Kami turut berduka atas apa yang terjadi di Tangerang, semoga keluarga WBP yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” ucap Krismono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.