Sukses

Masuk PPKM Level 3, Kota Batu Mulai Uji Coba Buka Tempat Wisata 

Menurutnya, dari 30 tempat wisata di Kota Batu yang diusulkan, hanya dua yang akan diberikan izin untuk uji coba operasional.

Liputan6.com, Malang - Dinas Pariwisata Kota Batu mulai melakukan uji coba pembukaan tempat wisata, seiring masuknya Kota Batu PPKM Level 3. Ada dua tempat wisata yang akan  uji coba dibuka, yaitu Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo dan Taman Rekreasi Selecta.

"Kementerian yang memilih, kami memberikan usulan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq 

Arief menjelaskan usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Kota Batu mencakup 30 tempat wisata yang ada di wilayah tersebut. Usulan itu disampaikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, dari 30 tempat wisata di Kota Batu yang diusulkan, hanya dua yang akan diberikan izin untuk uji coba operasional. Uji coba pembukaan tempat tujuan wisata tersebut merupakan program dari pemerintah pusat untuk 20 destinasi wisata di Jawa-Bali.

"Itu merupakan program uji coba dari Kemenparekraf dan Kemenkes. Uji coba dilakukan pada 20 tempat wisata yang ada di Jawa-Bali," ujarnya.

Dua tempat wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut dinilai telah memenuhi sejumlah persyaratan yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf dan Kemenkes.

Sejumlah persyaratan tersebut adalah protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), seluruh karyawan telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, memiliki sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajukan 30 Lokasi

"Yang kami ajukan sebanyak 30 tempat wisata, itu yang telah memenuhi standar yang sudah memiliki CHSE, vaksinasi 100 persen, sarana prasarana siap, dan mengunduh PeduliLindungi," ujarnya.

Soal kapan waktu uji coba operasional Jatim Park 2 dan Taman Rekreasi Selecta, pihaknya masih belum bisa memastikan. Saat ini, pihaknya masih menunggu pin barcode dari Kementerian Kesehatan.

Saat ini, wilayah Kota Batu masih menerapkan masa PPKM level 3. Sesungguhnya dalam masa PPKM level 3, tempat wisata masih belum diizinkan untuk beroperasi. Jika suatu wilayah memasuki level 2 PPKM, tempat wisata diperbolehkan untuk beroperasi.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.015 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.714 orang dilaporkan telah sembuh, 256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.