Sukses

Khofifah Pastikan Warga di Tepian Hutan Bakal Dapat Jatah Vaksin Covid-19

Dengan kegiatan vaksinasi di Jatim yang terus ditingkatkan dengan menjangkau semua lapisan diharapkan semakin banyak daerah masuk level 2 dan bahkan level 1.

Liputan6.com, Madiun Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan warga yang tinggal di daerah yang sulit akses seperti di tepian hutan tetap menerima vaksin COVID-19 demi mewujudkan kekebalan kelompok.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memantau kegiatan vaksinasi warga tepian hutan di Wana Wisata Raden Sekar, Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun menjelaskan bahwa satu kabupaten di Jatim masuk level 1.

"Secara regional, COVID-19 di Jatim sudah berada di level 3 dan 2. Ada satu yang sudah level 1 di Jatim yakni Lamongan. Artinya ini bisa menjadi referensi bahwa insyaallah kita bisa," ujarnya di Madiun, Rabu (8/9/2021), dilansir dari Antara.

Artinya, katanya, dengan kegiatan vaksinasi di Jatim yang terus ditingkatkan dengan menjangkau semua lapisan masyarakat dan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan, diharapkan semakin banyak daerah di Jatim yang berhasil masuk level 2 dan bahkan level 1.

Kepala Dinas Kehutanan Jatim Jumadi mengatakan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat desa hutan di Kabupaten Madiun kali ini dilakukan bekerja sama dengan pemkab setempat.

"Di wilayah Jatim, jumlah masyarakat desa hutan yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 20.668 orang. Sebagian di antaranya kita cicil di sini," kata dia.

Sesuai data, dari jumlah 20.668 masyarakat desa hutan yang menjadi sasaran, 17.364 orang telah tervaksin, dengan 11.216 orang di antaranya telah memperoleh vaksin dosis pertama dan kedua.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbangan Alat Pertanian

Dinas Kehutanan Jatim terus meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat desa hutan di wilayahnya hingga seluruh sasaran tervaksin.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan masing-masing kabupaten untuk melakukan percepatan vaksinasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga menyerahkan beberapa bantuan, seperti sertifikat dan surat keputusan tentang Sistem Verifikasi Legalitas Kayu.

Gubernur Khofifah juga melakukan penanaman bibit durian musang king, rambutan, jambu jamaika, alpukat, dan kayu putih. Penanaman didampingi Ketua DPRD Jatim, Kadis Kehutanan Jatim, Bupati Madiun dan jajaraannya.

Selain itu, Gubernur Khofifah memberikan bantuan alat ekonomi produktif kepada tujuh Kelompok Petani Hutan di Kabupaten Madiun guna menunjang produksinya dengan nilai total Rp4 miliar. Bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 Dinas Kehutanan Provinsi Jatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.