Sukses

Kasus Covid-19 Melandai, Hunian Hotel di Jatim Beranjak Naik

Menurunnya kasus Covid-19 di Jawa Timur membawa berkah bagi pengelola hotel. Tingkat hunian atau okupansi hotel membaik dan berada pada kisaran 25 persen rata-rata per hari.

Liputan6.com, Surabaya - Menurunnya kasus Covid-19 di Jawa Timur membawa berkah bagi pengelola hotel. Tingkat hunian atau okupansi hotel membaik dan berada pada kisaran 25 persen rata-rata per hari.

"Sudah ada pengaruh (penurunan level PPKM), namun, belum signifikan. Sebelumnya sekitar 10-15 persen, sekarang rata-rata di Jawa Timur 20-25 persen," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono dikutip dari Antara, Minggu (12/9/2021). 

Dwi menjelaskan, keterisian hotel meningkat di Jatim pada saat akhir pekan. Sementara pada hari-hari biasa, okupansi hotel yang ada di wilayah tersebut dilaporkan masih belum pulih.

Menurutnya, Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat keterisian hotel cukup baik untuk saat ini. Penerapan level dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), memberikan pengaruh cukup besar terhadap okupansi hotel.

"Untuk Senin-Kamis, itu pasti drop. Akhir pekan ada kenaikan, namun rata-rata 20-25 persen tingkat okupansinya. Level PPKM itu juga menjadi pertimbangan konsumen, mereka akan mencari informasi terlebih dahulu, kalau tidak aman, tidak bepergian," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini kondisi bisnis perhotelan, dan restoran di wilayah Jawa Timur masih belum pulih. Para pelaku usaha masih sedikit kerepotan dengan kondisi saat ini, dan operasional hotel, dan restoran.

Beban yang ditanggung para pelaku usaha, lanjutnya, masih menjadi tantangan yang harus dihadapi di tengah pandemi Virus Corona. Pihaknya mengharapkan ada stimulus dari pemerintah untuk meringankan beban pelaku usaha.

"Biaya operasional tinggi. Kami mengharap ada stimulus, kebijakan pajak, perbankan, dan biaya listrik. Diharapkan ada relaksasi keringanan, untuk mengurangi biaya operasional," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahap Pemulihan

Saat ini, lanjut Dwi Cahyono, sektor hotel dan restoran yang ada di Jawa Timur berada dalam tahap pemulihan. Diharapkan, kasus konfirmasi positif COVID-19 bisa terus melandai, dan tidak ada lonjakan seperti yang terjadi di negara-negara lain.

"Ini menjadi fase recovery. Jadi (COVID-19) sudah melandai, terus membaik, kita berharap seperti itu. Jangan seperti yang terjadi di Amerika, ada gelombang ketiga, jangan sampai, itu akan memberatkan," ujarnya.

Oleh karena itu ia meminta baik seluruh pelaku usaha hotel dan restoran termasuk pemerintah, untuk benar-benar mengawasi protokol kesehatan secara ketat, agar tidak terjadi lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 di kemudian hari.

Tercatat di Jawa Timur, secara keseluruhan ada sebanyak 389.688 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 354.814 orang dilaporkan telah sembuh, 29.014 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.