Sukses

Konservasi Penyu, Total Sudah 3 Ribu Tukik Dilepas ke Laut Pacitan

Liputan6.com, Pacitan - PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) melalui PLTU Pacitan, menunjukkan komitmennya mendukung konservasi penyu dengan melepaskan 300 tukik di Pantai Taman. Sejak 2016, sudah lebih dari 3.000 anak penyu dilepas ke laut.

Selain melepas tukik, juga ada aksi bersih-bersih memunguti sampah plastik yang berserakan di sepanjang Pantai Taman. Kegiatan ini menggandeng Pemerintah Kabupaten Pacitan, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Hadiwarno serta pihak BKSDA.

“Melalui upaya konservasi dalam program pelestarian tukik, bukan hanya dilakukan untuk meminimalkan dampak dari kegiatan operasi, tetapi juga bagian dari komitmen kami dalam implementasi pelestarian lingkungan di sekitar unit pembangkit terutama di wilayah UBJOM Pacitan," ujar GM PLTU Pacitan, Dwi Juli Harsono, Senin (13/9/2021).

Melalui sinergi bersama stakeholder, lanjut Dwi, terhitung sejak 2016, PJB telah melakukan berbagai kegiatan konservasi guna mendukung pelestarian penyu.

"Mulai dari penanaman 500 bibit pohon Ketapang yang akan menjadi habitat bertelurnya penyu, pembangunan jalan paving seluas 425 m2 yang digunakan sebagai area konservasi penyu, hingga pemasangan 10 set bak sampah telah diberikan sebagai bentuk kepedulian PLTU Pacitan," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tumbuh Bersama Alam

Komitmen bertumbuh bersama alam pun ditunjukan PJB melalui kegiatan CSR yang meliputi pelatihan dan edukasi untuk para pengelola konservasi.

"Melalui forum-forum ini, PJB mengajak masyarakat untuk menambah pengetahuan dalam konservasi penyu dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian satwa laut," ujar Dwi.