Sukses

Beasiswa Pelajar SMP Kurang Mampu Surabaya Naik 300 Persen, Capai Rp 12,5 Miliar

Eri mengungkapkan, pada 2020 total CSR Rp 4 miliar, sedangkan pada 2021 meningkat menjadi Rp 12,513 miliar.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, beasiswa pelajar keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) jenjang SMP tahun ini meningkat 300 persen dari tahun sebelumnya.

Beasiswa tersebut berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan di Surabaya. Selain itu juga ada zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkot melalui program orang tua asuh.

Eri mengungkapkan, pada 2020 total CSR Rp 4 miliar, sedangkan pada 2021 meningkat menjadi Rp 12,513 miliar.

"Alhamdulillah hari ini CSR yang disampaikan tadi sekitar Rp 4 miliar, menjadi Rp 12,5 miliar," ujarnya di Balai Kota Surabaya, Selasa (13/9/2021).

Eri meyakini, melalui empati dan gotong-royong ini, maka pergerakan pembangunan di Surabaya bisa terus berjalan. Termasuk pula dalam penyelesaian masalah pendidikan atau permasalahan sosial lainnya.

"Insyaallah kita akan agendakan rutin untuk seluruh ASN di Surabaya agar selalu menjadi bagian dari orang tua asuh dalam bidang pendidikan atau penyelesaian masalah sosial lainnya," tuturnya.

Untuk mekanisme penyalurannya, Eri menyebut, setiap SMP swasta pengampu siswa mitra warga, akan ditransfer langsung dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya.

Misalnya, dalam SMP itu ada lima orang siswa mitra warga. Maka, biaya kelima siswa mitra warga itu selama menempuh pendidikan di sana, akan ditransfer langsung ke rekening sekolah setiap bulannya.

"Nanti kita langsung transfer ke sekolahnya. Jadi posisinya ada berapa siswa yang ditanggung di sekolah itu, nanti kita masukan jumlahnya berapa. Inilah yang dilakukan Dispendik nanti," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4.188 Siswa Mitra Warga di SMP Swasta

"Sehingga yang selalu saya katakan, Insya Allah kalau warga Surabaya percaya pada pemerintahannya, kita bisa menggunakan uang itu untuk kepentingan umat di Kota Surabaya," ujarnya. 

Data Dispendik Kota Surabaya juga mencatat, di tahun 2021 ini ada sebanyak 4.188 siswa mitra warga di SMP swasta yang menerima program beasiswa melalui CSR serta orang tua asuh ASN Pemkot Surabaya. Namun, data tersebut sifatnya dinamis, artinya bisa bertambah ataupun sebaliknya.

"Makanya kalau saya ditanya data itu dinamis terus. Ini kan seperti bansos (bantuan sosial) yang kita berikan, kita selalu bergerak karena dinamis," ucap Wali Kota Eri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.