Sukses

Cerita Peternak Blitar Pembentang Poster ke Jokowi Usai Dipanggil ke Istana

Suroto menyatakan, dalam pertemuan tersebut Jokowi mengucapkan terima kasih karena tindakannya membentangkan poster ke arah dia.

Liputan6.com, Jakarta - Suroto, peternak ayam yang membentangkan poster ke arah Presiden Jokowi saat kunjungan ke Blitar, dipanggil ke istana kepresidenan. 

Suroto menyatakan, dalam pertemuan tersebut Jokowi mengucapkan terima kasih karena tindakannya membentangkan poster ke arah dia.

"Kalau ndak ada kamu yang membentangkan poster, saya ndak akan tahu kondisi di bawah," kata Suroto menirukan ucapan Jokowi, Rabu (15/9/2021), dikutip dari Antara.

Dia menyatakan, saat bertemu dia meminta maaf pada Jokowi atas apa yang telah di lakukan dengan membentangkan poster. Suroto menyebut bahwa tulisan lengkap di posternya adalah, "Pak Jokowi, bantu peternak beli jagung dengan harga wajar telur murah."

"Itu yang lengkap, jadi ada kata telur murah," tambah Suroto.

Suroto menyebut pembuatan poster tersebut karena ia tidak punya jalan keluar lain atas masalahnya selaku peternak ayam.

"Spontanitas para ketua asosiasi, ketua koperasi sudah mencoba untuk berkoordinasi dengan dinas perdagangan, dinas pertanian setempat, minta audiensi, 'hearing' sama Kementerian Pertanian, tapi yang menemui cuma dirjennya. Jadi tidak bisa memberikan solusi, sedangkan kita terjepit posisinya, usaha itu tidak bisa jalan," ungkap Suroto.

Menurut Suroto, meski peternak dapat memproduksi telur 100 persen masih tetap rugi karena telur tetap menumpuk di kandang.

"Makanya saya punya inisiatif. Kalau saya tidak nekat membentangkan poster, ini pasti tidak akan ditanggapi dalam artian, saya percaya ini tidak sampai ke Pak Jokowi. Saya percaya satu-satunya orang di Indonesia pada saat ini yang bisa menolong peternak ya hanya pak Jokowi, itu saja," ungkap Suroto.

Suroto juga menegaskan bahwa ia tidak punya tendensi politik apapun.

"Murni saya sebagai peternak mandiri," kata Suroto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Diamankan

Suroto mengaku diberitahu untuk datang ke istana kepresidenan pada Selasa (14/9/2021).

"Kemarin pagi pukul 08.00, jadi mendadak, kita tidak tahu, ah ini pasti bohong, ternyata ya betul-betul," tambah Suroto.

Sebelumnya, saat Jokowi datang ke Makam Bung Karno (MBK) di Blitar pada 7 September 2021, seorang pria membentangkan poster saat lewat, poster tersebut bertuliskan "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar".

Pria tersebut lalu diamankan setelah rombongan Presiden Jokowi keluar dari Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar oleh pihak pengamanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.