Sukses

Respons 2 Menteri Jokowi Terkait Pengembangan Inovasi Jaringan 5G di Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno dan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim angkat bicara terkait peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo dan Nokia 5G Experience Center di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Sandiaga mengapresiasi komitmen dan konsistensi Indosat Ooredoo dalam menghadirkan layanan 5G di tanah air. Hal ini tentu akan mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi 5G untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang nantinya akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan perkembangan ekonomi digital Indonesia," tuturnya.

Nadiem menambahkan, inovasi di bidang teknologi harus sejalan dengan cita-cita Merdeka Belajar, yakni perbaikan sistem pendidikan Indonesia. Pihaknya juga mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di beberapa kota di Indonesia, termasuk Surabaya.

"Kami menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara Indosat Ooredoo, Nokia, Institut Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Oulu Finlandia dalam pembangunan 5G Experience Center untuk mendorong inovasi dan pengembangan konten lokal 5G use case," katanya.

Menurut Nadiem, terobosan ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, serta mendorong digitalisasi kampus-kampus di Indonesia.

"Selain itu, inisiatif ini sejalan dengan harapan kami melalui program Kampus Merdeka. Yakni bahwa kerja sama antara perguruan tinggi dengan mitra industri dan usaha akan menghasilkan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bangga Luncur di Surabaya

President Director and CEO of Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan, pihaknya mengaku bersyukur dan bangga meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya.

"Peluncuran ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia," tuturnya.

Dia mengungkapkan, teknologi 5G ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah.

"Ini merupakan hasil kolaborasi kami dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, kami hadirkan 5G Experience Center yang canggih untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini," katanya.