Sukses

Permintaan Menurun, Stok Plasma Konvalesen PMI Surabaya Melimpah

Liputan6.com, Surabaya - Antusiasme warga untuk donor membuat stok plasma konvalesen di UTD (Unit Transfusi Darah) Palang Merah Indonesia Kota Surabaya (PMI Surabaya) melimpah saat ini.

Kepala UTD PMI Surabaya Budi Arifah mengatakan, saat ini ada stok 1.400 kantong plasma konvalesen.

"Ketersediaan plasma konvalesen saat ini, kita sudah mempunyai 1.400 kantong plasma konvalesen,  jadi itu adalah jumlah yang sangat cukup," ujarnya dikutip dari TimesIndonesia, Jumat (17/9/2021).

Stok tersebut cukup untuk Ketersediaan plasma konvalesen yang bisa disimpan selama satu tahun kedepan. Sehingga nantinya jika ada yang membutuhkan plasma, tak perlu lagi antre.

Jumlah stok plasma yang melimpah tersebut karena antusiasme masyarakat yang tinggi. Bahkan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mendaftar untuk mendonorkan plasmanya.

"Tapi kita catat dulu karena stok kita sudah aman. Jadi kalau kita membutuhkan baru kita hubungi," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng BUMN

Selain itu, salah satu alasan melimpahnya stok plasma, kata dr Budi karena angka Covid-19 yang meningkat beberapa pekan lalu. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan berbagai kerjasama dengan BUMN dan berbagai perusahaan untuk mengakampanyekan donor plasma konvalesen.

Budi mengatakan bahwa menurunnya jumlah permintaan plasma konvalesen di Rumah Sakit juga menjadi penyebab meningkatkatnya stok.

"Kalau permintaan dari rumah sakit menurun, karena kan kasusnya juga menurun," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.