Sukses

Aksi Pasukan Elite PLN di Malang, Perawatan Jaringan Sutet Tanpa Padamkan Listrik

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Timur dan Bali (UIT JBM) Suroso mengungkapkan, pihaknya berkomitmen dan memastikan aliran listrik terjaga keandalannya selama 24 jam.

Liputan6.com, Surabaya - Pasukan elit PLN Jatim yang tergabung dalam tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Malang, sukses menjalankan misi penggantian isolator yang sudah tidak optimal pada SUTET 500 kV Ungaran – Ngimbang, tanpa memadamkan aliran listrik.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Timur dan Bali (UIT JBM) Suroso mengungkapkan, pihaknya berkomitmen dan memastikan aliran listrik terjaga keandalannya selama 24 jam.

“Segala upaya kami lakukan untuk memastikan jaringan listrik aman dari gangguan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan PLN, seperti yang dilakukan di Malang pada penggantian isolator oleh Tim Pemeliharaan Jaringan dan juga Tim PDKB Selasa lalu” ujarnya, Jumat (17/9/2021).

Penggantian isolator yang melibatkan 12 personel tim PDKB UPT Malang berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"Untuk memastikan keamanan dan keandalan listrik pada jaringan transmisi, PLN UIT JBM memiliki tim PDKB yang berada pada setiap UPT yang tersebar di wilayah Jawa Timur dan Bali," ucap Suroso.

Suroso menjelaskan, dalam melakukan kegiatan di lapangan seluruh tim dipastikan harus selalu menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dikarenakan pekerjaan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi.

"Sebagai pengamanan dalam keselamatan pekerjaan, tim PDKB wajib menggunakan pakaian khusus yang disebut Conductive Suit, terbuat dari bahan Nomex Aramid Flame Resistance Fiber dengan berat 0,9 kilogram," ucap Suroso.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlatih

Sebagai informasi, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) merupakan pasukan elite PLN yang terlatih dan telah tersertifikasi dan bertugas melakukan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kelistrikan baik jaringan Tegangan Menengah (TM) maupun Tegangan Tinggi (TT).

Tim PDKB yang ada pada Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) Unit Induk Distribusi (UID) PLN Jatim ini bertanggungjawab untuk melakukan pekerjaan pada jaringan SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) dan SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi).

Berbeda dengan pemeliharaan lainnya, pasukan elit PLN Jatim ini melakukan pekerjaan pada keadaan bertegangan atau tanpa melakukan pemadaman jaringan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.