Sukses

Dinamika Ekonomi Kreatif di Banyuwangi Bikin Sandiaga Uno Tercengang

Sandiaga Uno juga hadir di KaTa Kreatif Indonesia dan Apresiasi Kreasi Indonesia yang menghadirkan produk-produk sektor kreatif karya anak muda Banyuwangi,

Liputan6.com, Surabaya- Banyuwangi disebut sebagai salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Predikat itu diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno yang melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Tamansari, Licin, Banyuwangi.

“Kami akan berkolaborasi dengan bupati Banyuwangi, jadi ekosistem ini tetap hidup dan tidak rusak karena minimnya kunjungan wisatawan akibat pandemi,” ujar Sandiaga Uno, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (19/9/2021).

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga Uno juga hadir di KaTa Kreatif Indonesia dan Apresiasi Kreasi Indonesia yang menghadirkan produk-produk sektor kreatif karya anak muda Banyuwangi, seperti batik yang ramah lingkungan, kaos musikal, web developer, hingga kopi Banyuwangi.

Menurut Sandi, Banyuwangi perlu bersyukur karena hampir 17 sektor ekonomi berkembang di sini. Bahkan, Sandiaga pun tercengang melihat batik ramah lingkungan serta kaus tangan Angie yang tidak hanya berbahan ramah lingkungan, melainkan juga ada musikalitas untuk kelestarian alam.

Dari pagi hingga petang, Menteri Sandiaga Uno didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengunjungi sejumlah destinasi dan menggelar pertemuan dengan para pelaku ekonomi kreatif. Saat di Taman Gandrung Terakota, contohnya, Ia disuguhkan berbagai kreativitas produk Banyuwangi. Ia terpesona dengan keahlian Mustaq Bilal memahat kayu menjadi kepala barong di tempat pembuatan barong Banyuwangi. Di tempat yang sama, Sandi juga meresmikan Pasar Gandrungan dan Art Exibition.

Pasar Gandrungan memvisualisasikan pasar tempo dulu dengan properti, dagangan, dan penjual dengan kostum tradisional, namun menggunakan sistem pembayaran cashless atau non-tunai "Kami mengharapkan masyarakat desa di Banyuwangi semakin semangat untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kat Sandiaga Uno.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.