Sukses

Sandiaga Kagumi Desa Wisata Ranupani Lumajang, Apa Istimewanya?

Wilayah Ranupani masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga membuat desa itu memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Liputan6.com, Lumajang - keindahan alam dan budaya desa wisata Ranupani, Lumajang, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terkesan.

Sandiaga melanjutkan rangkaian visitasi 50 terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dengan mengunjungi Desa Wisata Ranupani yang berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Minggu.

"Saya sangat berkesan, kagum dan bukan hanya alam dan budaya tapi fasilitasnya juga mumpuni, toiletnya bersih, juga warganya sangat ramah, saya ingin mengajak masyarakat untuk berwisata #diranupaniaja," kata Sandiaga, dikutip dari Antara, Minggu (19/9/2021).

Ia mengimbau agar semua pihak tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, sehingga tetap kondusif dan jangan sampai situasi yang bagus itu akan kembali ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat karena ketidakdisiplinan.

Kehadiran Sandiaga, selain dalam rangkaian visitasi 50 desa wisata terbaik juga untuk menepati janji atas undangan dari Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam webinar yang dilakukan beberapa waktu lalu untuk mengunjungi desa yang berada di ketinggian 2.200 meter dari permukaan laut (mdpl).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suhu Dingin

"Kami sangat bangga bisa hadir di sini, ini pertama kalinya saya datang ke sini. Kehadiran kami bukan hanya hadir seperti undangan Pak Bupati dan Wabup, tapi saya juga menginap untuk bisa merasakan langsung sensasi bermalam di sini yang suhunya bisa sampai 9-11 derajat celcius," tuturnya.

Wilayah Ranupani masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga membuat desa itu memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan di kawasan tersebut ada danau yang terkenal yaitu Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

"Saya melihat desa wisata Ranupani ini memiliki potensi untuk berkembang dan tertata dengan baik, kami hadir untuk memberikan dukungan agar ekonomi bisa kembali bangkit dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.