Sukses

Upaya Jadikan Reog Ponorogo Warisan Tak Benda Unesco, Bagaimana Caranya?

Predikat itu, kata Sugiri, penting sebagai bentuk penghargaan para leluhur yang telah menciptakan kesenian reog Ponorogo.

Liputan6.com, Ponorogo - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, pihaknya tengah berjuang agar kesenian reog dan Kabupaten Ponorogo masuk dalam Itangible Cultural Heritage (ICH) atau warisan tak benda ke badan dunia Unesco. 

"Targetnya dua predikat tersebut dapat dicapai nanti di 2023," ucapnya Jumat (1/10/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Predikat itu, kata Sugiri, penting sebagai bentuk penghargaan para leluhur yang telah menciptakan kesenian reog Ponorogo.

"Sehingga tak sebatas kulturnya saja, namun juga secara faktual," ulasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sugiri mengaku telah menggandeng pihak Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Setahun

Sugiri mengatakan, Ponorogo diusulkan sebagai kota Folk and Art Craft atau pertunjukan serta kerajinan yang berbasis kesenian reyog Ponorogo. 

"Tim masih memiliki waktu setahun untuk menyiapkan berbagai hal misalnya naskah akademik, dokumen dan berbagai indikator lainnya pada kebijakan pemerintah," kata Sugiri Sancoko. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.