Sukses

3 Kecamatan Tertinggi Vaksinasi di Situbondo Bakal Dapat Bendera Emas

Capaian vaksinasi di Kabupaten Situbondo saat ini sudah mencapai 37,6 persen dari target sasaran sebanyak 548.304 orang.

Liputan6.com, Situbondo Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, punya cara unik untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di tingkat kecamatan demi mempercepat kekebalan kelompok di kabupaten setempat.

Pemkab Situbondo bakal memberi penghargaan kepada tiga kecamatan dengan capaian vaksinasi tertinggi berupa bendera berwarna emas, sedangkan tiga kecamatan dengan vaksinasi terendah akan diberi bendera berwarna hitam.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, penghargaan dan sanksi bagi kecamatan yang capaian vaksinasinya tertinggi dan terendah, semata-mata untuk memacu semangat meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 sesuai target sasaran, dilansir dari Antara.

"Bagi kecamatan yang hari ini menerima bendera warna hitam jangan putus asa," kata Bung Karna, sapaan bupati, dalam sambutannya di acara Vaksinasi Award 2021 Tahap 1 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Senin malam (4/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa tujuan percepatan vaksinasi tidak lain untuk membentuk kekebalan kelompok untuk menyelamatkan manusia dari kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Bupati Karna Suswandi menyebutkan, capaian vaksinasi saat ini sudah mencapai 37,6 persen dari target sasaran sebanyak 548.304 orang. Jumlah ini meningkat signifikan, karena dua minggu sebelumnya capaian vaksinasi hanya 16,5 persen.

"Target kami 35 persen, dan melampaui target itu. Tidak ada yang paling berjasa dengan capaian vaksinasi kali ini. Mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten, semuanya berkontribusi. Termasuk JMC, FKUB dan para kiai, saya ucapkan terima kasih," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 50 Persen

Bung Karna menambahkan, target vaksinasi selanjutnya yaitu 50 persen, dan ini diharapkan bisa dicapai 15 hari kerja ke depan, karena masih ada target lanjutan, yakni 70 persen. Sehingga penerapan PPKM level 1 bisa diraih.

"Kalau 50 persen bisa cepat dicapai, maka target selanjutnya yaitu 70 persen," katanya.

Adapun tiga kecamatan yang memperoleh bendera warna emas, yakni Kecamatan Asembagus, Panji dan Besuki. Sedangkan tiga kecamatan yang mendapatkan bendera warna hitam karena capaian vaksinasinya terenda, yaitu Kecamatan Sumbermalang, Mlandingan, dan Panarukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.