Sukses

Lebih Dekat dengan Surabaya, Kota Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia

Tidak hanya di bidang lingkungan, Surabaya juga pernah mendapatkan penghargaan lain misalnya kota besar dengan kualitas udara terbaik di Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya Surabaya merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini memiliki 31 kecamatan yang terbagi ke dalam lima wilayah, di antaranya Surabaya Barat, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Surabaya Pusat.

Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini juga disebut sebagai kota metropolitan dan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Kota ini merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Jawa Timur.

Melihat jauh ke belakang, Kota Surabaya sudah ada sebelum zaman penjajah. Hal ini dibuktikan dengan prasasti Trowulan I tahun 1358 M. Surabaya juga tercantum dalam Pujasastra Kakawin Nagarakretagama yang ditulis oleh Empu Prapanca pada tahun 1365 M.

Kota yang terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur ini juga memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Hal itu berdasarkan sejarah dalam perjuangan Arek-arek Suroboyo saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Peristiwa ini terjadi pada 10 November 1945.

Merangkum dari berbagai sumber, terdapat sejumlah destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat ke Surabaya. Mulai dari wisata sejarah hingga alam.

Beberapa wisata yang ada di Surabaya di antaranya Tugu Pahlawan, Museum W. R. Soepratman, Ciputra Waterpark Ciptasurya, House of Sampoerna, Pantai Kenjeran, Rumah Batik, Hutan Mangrove, Kebun Binatang Surabaya, Museum Kesehatan, hingga Kembang Jepun.

Selain wisata, Surabaya juga memiliki beragam kuliner khas. Beberapa oleh-oleh khas dari Surabaya di antaranya Almond Crispy, Sambal Udang Bu Rudy, Spikoe Resep Kuno, Kerupuk Ikan Kenjeran, Siropen Telasih, dan Abon Sapi Padmosusastro.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas Udara Terbaik

Sebagai kota metropolitan, Surabaya juga tidak terlepas memiliki peran dalam pendidikan. Mulai tingkat pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta.

Tidak hanya itu, di kota ini juga memiliki sejumlah lembaga pendidikan praktis yang sifatnya non formal. Lembaga ini membuka kursus-kursus singkat untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan.

Beragam penghargaan telah diterima oleh Pemerintah Kota Surabaya. Kota ini lebih banyak mendapat penghargaan di bidang lingkungan hidup dan tata kota yang baik di nasional maupun internasional.

Penghargaan yang telah diterima Kota Surabaya di bidang lingkungan di antaranya adipura, adipura kencana, adiwiyata, hingga wahana tata nugraha.

Tidak hanya di bidang lingkungan, Surabaya juga pernah mendapatkan penghargaan lain misalnya kota besar dengan kualitas udara terbaik di Indonesia, kota terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik, ASEAN Environmentally Sutainable City Award, hingga penghargaan Lee Kuan Yew City Prize bersama kota-kota lain di dunia.

 

Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.