Sukses

Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi di Indonesia, Apa Rahasianya?

Khofifah bersyukur karena berbagai program di bidang pendidikan di wilayah provinsi tersebut berbuah apresiasi yang membanggakan.

Liputan6.com, Surabaya - Indeks kinerja urusan pendidikan di Jawa Timur berada di urutan paling atas hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Angkanya mencapai 4,2308 poin, mengungguli 33 Provinsi yang lain di Indonesia.

"Sebagai Gubernur, saya apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras menjaga marwah pendidikan di Jawa Timur,” katanya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (8/10/2021), dikutip dari Antara.

Khofifah bersyukur karena berbagai program di bidang pendidikan di wilayah provinsi tersebut berbuah apresiasi yang membanggakan.

"Pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama masa pandemi COVID-19," ujarnya. 

Kepala Sub Direktorat Evaluasi Kinerja Wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah  Kemendagri Imelda menjelaskan, posisi Jawa Timur dari 34 Provinsi seluruh Indonesia berada di atas rata-rata indeks kinerja urusan pendidikan secara nasional. 

"Hal ini perlu dipertahankan oleh Gubernur melalui perangkat daerah terkait untuk memastikan kinerja pelayanan dasar di bidang pendidikan dapat terlaksana berdasarkan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Lengkap

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi  menyebut capaian kinerja pendidikan Jawa timur ini semakin melengkapi berbagai prestasi yang telah diraih selama ini.

"Sebelumnya Jawa Timur  menduduki peringkat tertinggi di Indonesia yang siswa-siswinya diterima di perguruan tinggi negeri baik melalui mekanisme seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri maupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dari jalur reguler dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah di Tahun 2021," katanya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.