Sukses

Kerupuk hingga Sambal, Oleh-Oleh Khas Surabaya Ini Wajib Diborong

Pembuat Abon Sapi Padmosusastro ini tetap menjaga resep leluhur dan menjaga cita rasa. Abon sapi Surabaya ini memiliki rasa yang khas, gurih, manis, dan kering.

Liputan6.com, Surabaya Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki kuliner khas. Jika berkunjung ke kota ini, sangat disayangkan apabila melewatkan kuliner-kuliner tersebut yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Ada beragam oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda bawa pulang untuk dibagikan kepada keluarga atau tetangga. Mulai dari kerupuk hingga sambal.

Beragam oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini, terkadang sulit ditemukan di kota lain. Untuk itu, bila Anda sedang bertandang ke kota ini, rasanya wajib membawa kuliner khas yang ada.

Bersiap untuk borong oleh-oleh untuk orang rumah atau teman Anda, berikut ini lima oleh-oleh khas Surabaya yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran merupakan hasil warga di sekitar Pantai Kenjeran Surabaya yang memanfaatkan potensi-potensi alam di sekitarnya. Kerupuk ini terbuat dari bahan seafod.

Ada beragam pilihan warna, ini bukan menggunakan pewarna buatan, melainkan warna alami. Misalnya, hitam untuk kerupuk cumi-cumi, hijau untuk kerupuk rumput laut, dan cokelat untuk kerupuk kerang.

Kerupuk ini bisa menjadi buah tangan yang Anda bawa pulang ke rumah. Anda bisa membeli kerupuk dalam kondisi mentah maupun siap santap.

2. Abon Sapi Padmosusastro

Oleh-oleh Abon sapi Padmosusastro asli dari Surabaya tepatnya berasal dari Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan. Daerah ini merupakan penghasil abon dengan kualitas ekspor.

Pembuat abon ini tetap menjaga resep leluhur dan menjaga cita rasa. Abon sapi Surabaya ini memiliki rasa yang khas, gurih, manis, dan kering.

Ini cocok untuk dibawa pulang ke keluarga untuk menjadi pelengkap saat makan bersama.

 

3 dari 4 halaman

3. Almond Crispy

Oleh-oleh khas Surabaya berikutnya adalah Almond Crispy. Oleh-oleh ini sejenis kue renyah dengan tambahan kacang almond.

Buah tangan ini terbuat dari tepung, gula, telur, susu bubuk, keju, dan kacang almond. Ada tiga varian rasa Almond Crispy, yaitu original cheese, cokal, dan green tea.

4. Spikoe Resep Kuno

Kue Spikoe Resep Kuno cocok dibawa pulang ke rumah sebagai bahan oleh-oleh. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda dengan resep Kue Belanda atau dutch cake recipe.

Kue yang dikenal dengan nama kue lapis Surabaya ini dibuat sesuai dengan cita rasa lokal. Ada beragam varian rasa dan bentuk.

Jika Anda ke Kota Surabaya, jangan lupa mampir untuk membeli spikoe kuno. Kue ini cocok untuk buah tangan saat pulang ke rumah.

 

4 dari 4 halaman

5. Sambal Udang Bu Rudy

Oleh-oleh berikutnya yang khas dari Surabaya adalah Sambal Udang Bu Rudy. Sambal ini sudah populer di berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Sambal Udang Bu Rudy memiliki rasa khas yang berbeda, terutama pedasnya. Beberapa varian di antaranya Sambal Peda Hijau dan Sambal Bajak Terasi.

Sambal ini wajib dicoba dan dibawa pulang saat di Surabaya. Ini bisa membuat makanan Anda lebih nikmat ketika ditambah Sambal Udang Bu Rudy.

Nah, itu lima oleh-oleh khas Surabaya. Tentu masih ada lagi oleh-oleh dari Kota Pahlawan ini.

 

Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.