Sukses

Khofifah Bahas Jemaah Umrah dengan Dubes Saudi, Apa Hasilnya?

Selain membahas tentang rencana pembukaan haji dan umrah, dalam pertemuan dengan Gubernur Khofiah, Essam menyampaikan keinginannya untuk membuka kantor konsulat Arab Saudi di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abde al-Thaqafi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/10/2021).

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membas vaksinasi COVID-19 bagi jemaah umrah.

Khofifah menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan Arab Saudi sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Indonesia terkait vaksinasi COVID-19 bagi jemaah umrah.

"Supaya bisa dibangun koneksi bagaimana vaksinasi COVID-19 yang telah diterima oleh masyarakat di Indonesia bisa terkoneksi dengan aplikasi di Arab Saudi," katanya.

Dubes Essam mengungkapkan di Arab Saudi menggunakan vaksin merek Astra Zeneca, Pfizer, Moderna dan Jhonson & Jhonson.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menjelaskan, warga Jawa Timur juga banyak yang menggunakan vaksin AstraZeneca, yaitu sekitar 1,5 juta orang.

Menurut Mantan Menteri Sosial itu, masyarakat di Jawa Timur telah terlebih dahulu menggunakan vaksin Astra Zeneca sebelum digunakan oleh provinsi lainnya.

"Tapi, beliau tadi juga menyampaikan secara spesifik bahwa vaksin Sinovac juga sudah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Jadi sudah tidak ada masalah. Tapi, Kementerian Kesehatan Arab Saudi masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuka Konsulat di Surabaya

Essam mengaku senang kunjungannya di Jawa Timur mendapatkan sambutan yang luar biasa.

"Alhamdulillah, kita hari ini rombongan dari kedutaan dijamu dengan baik. Kami tadi telah membicarakan banyak hal," katanya.

Selain membahas tentang rencana pembukaan haji dan umrah, dalam pertemuan dengan Gubernur Khofiah, Essam menyampaikan keinginannya untuk membuka kantor konsulat Arab Saudi di Surabaya.

"Kami ingin segera merealisasikan pembukaan kantor konsulat di Surabaya. Kami juga akan berusaha meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan. Semoga pandemi COVID-19 segera mereda dan semua bisa pulih dan normal, sehingga realisasi kegiatan yang telah kami bicarakan tidak terhambat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.