Sukses

Kala Ahok Kagum dengan Pengelolaan UMKM di Banyuwangi

Banyuwangi jeli dengan membantu ongkir (ongkos kirim) gratis bagi pelaku UMKM. Kebijakan Pemkab Banyuwangi seperti ini yang sangat dibutuhkan UMKM.

Liputan6.com, Banyuwangi - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi membahas pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dalam pertemuan itu, Ahok meminta Pertamina fokus untuk memberikan pendampingan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ahok mengatakan, Pertamina sebagai BUMN akan terus memberdayakan UMKM di Banyuwangi. Banyuwangi telah membuktikan bekerja dengan hati.

"Saya yakin Bupati Ipuk akan bisa terus berprestasi membawa Banyuwangi semakin baik," kata Ahok, sapaanya, saat berkunjung dan berdiskusi dengan Bupati Ipuk Fiestiandani di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Senin (11/10/2021), dilansir dari Antara.

Ia juga mencermati soal program pengembangan UMKM di Banyuwangi. Menurut Ahok, persaingan pasar yang sangat bebas dan ketat terutama di digital marketplace membuat UMKM harus bisa bersaing.

"Banyuwangi jeli dengan membantu ongkir (ongkos kirim) gratis bagi pelaku UMKM. Kebijakan Pemkab Banyuwangi seperti ini yang sangat dibutuhkan UMKM," ujarnya.

Karena inovasinya, Ahok menilai Banyuwangi merupakan etalase pembangunan daerah dan juga telah menunjukkan bagaimana daerah itu bisa maju meski jauh dari ibukota.

Ia juga mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu yang bangga dengan perkembangan dan pembangunan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Tadi, Ibu Bupati (Ipuk Fiestiandani) minta saya memberikan motivasi. Ini justru saya yang termotivasi datang ke Banyuwangi," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi Pemkab Banyuwangi

Ahok menambahkan, banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi untuk mengembangkan daerahnya, seperti di bidang pertanian, pariwisata, UMKM, aksesabilitas yang semakin mudah melalui udara, dan beragam inovasi pelayanan publik.

"Kalau pariwisata dan festival kita semua sudah banyak yang tahu bagaimana kiprah Banyuwangi yang sudah sangat baik," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Ipuk Fiestandani berterima kasih atas kunjungan Ahok ke daerah berjuluk The Sunrise of Java tersebut.

"Kedatangan Pak Ahok tentu kami manfaatkan untuk berdiskusi, atau lebih tepatnya saya ngangsu kawruh ke beliau soal berbagai inovasi pelayanan publik. Beliau memberikan beberapa insight dan ke depan, insya-Allah itu akan sangat berguna untuk kami terapkan di Banyuwangi," katanya.

Bupati Ipuk menjelaskan sejumlah inovasi yang dijalankan di Banyuwangi, baik di bidang pertanian dengan terus mendorong sisi organik, pariwisata dengan skema baru di masa pandemi, pemberdayaan ekonomi dan UMKM, hingga pelayanan publik berbasis Smart Kampung.

"Tadi kami juga meminta Pak Ahok memberi motivasi ke ASN Banyuwangi, biar semakin bersemangat melayani warga," kata Ipuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.