Sukses

12 Tokoh Jatim Berpengaruh 2021 Versi FJN, Siapa Teratas?

Liputan6.com, Surabaya - Dalam Rangka HUT ke-76 Jawa Timur yang jatuh pada hari ini, Selasa (12/10/2021), Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) memberikan apresiasi kepada 12 tokoh asal Jawa Timur yang dianggap memiliki pengaruh besar pada perkembangan Jatim.

Para tokoh ini dinilai memiliki kontribusi besar terhadap perjalanan Provinsi Jawa Timur. Kiprah mereka di berbagai bidang ikut mengharumkan nama Jawa Timur.

"Ini bentuk apresiasi kami terhadap para tokoh asal Jawa Timur. Kami berharap, kiprah para tokoh ini bisa menjadi inspirasi bagi para anak muda untuk bisa berbuat yang terbaik untuk Jawa Timur," tutur Muhamad Didi Rosadi, Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin, Selasa (12/10/2021).

Dia mengungkapkan, 12 nama tokoh itu didapat melalui diskusi panjang sesama anggota Forkom Jurnalis Nahdliyin. Sejumlah variabel juga diperhitungkan, seperti pengaruh, kredibilitas, leadership dan prestasi.

Menurut pria yang akrab disapa Diday ini, penilaian ini tetap ada unsur subyektif. Karena itu, pihaknya tidak mengklaim 12 tokoh ini yang terbaik di Jatim, tapi mereka tokoh berpengaruh yang memiliki pengikut maupun simpatisan.

"Mereka tidak saja berpengaruh di Jawa Timur tapi juga nasional. Bahkan sejatinya mereka adalah tokoh nasional asal Jawa Timur. Dari sekian nama yang masuk nominasi, maka didapat 12 nama yang dinilai berpengaruh bagi Jawa Timur. Kami akan melakukan penilaian ini secara rutin setiap hut Jawa Timur," pungkasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

12 Nama

Berikut 12 Tokoh Jawa Timur Berpengaruh versi Forkom Jurnalis Nahdliyin:

1. KH. Miftachul Akhyar (Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU)

2. KH. Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jatim)

3. Prof. Dr. Asep Saifuddin Chalim (Ketua Umum Pergunu, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah)

4. Prof. Mahfud MD (Menkopolhukam RI)

5. AA. La Nyalla Mahmud Matalitti (Ketua DPD RI)

6. Dr. Soekarwo (Anggota Wantimpres RI)

7. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur, Ketua Umum PP Muslimat NU)

8. Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB)

9. MH. Said Abdullah (Anggota DPR RI)

10. Andreas Eddy Susetyo (DPR RI, Anggota Masyarakat Ekonomi Syariah)

11. Tri Rismaharini, (Mensos RI)

12. Dahlan Iskan (Tokoh Pers)