Sukses

Lama Vakum, Angkutan Petikemas Indopriuk Cargo Kembali Tut Tut Tut

Dadan mengatakan, target angkutan barang ini untuk tiga bulan pertama akan mengangkut 650 Teus dan kemudian selanjutnya akan mengangkut 750 teus.

Liputan6.com, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya, kembali membuka rute perjalanan kereta api barang dari Stasiun Indro Kabupaten Gresik menuju Stasiun Pasoso Jakarta (Indopriuk Cargo), setelah beberapa tahun tidak beroperasi.

"Kami informasikan bahwa angkutan barang ini sudah operasi mulai 11 Oktober dan akan menempuh perjalanan kurang lebih 797.9 Km dengan waktu tempuh sekitar 14 jam. Rangkaian KA Barang ini sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditi dengan berat 1200 ton," ujar Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah, Jumat (15/10/2021).

Dadan mengungkapkan, launching angkutan barang ini merupakan tindak lanjut perjanjian Kerjasama angkutan barang antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Damar Alam Selaras (DAS).

"Launching hari ini juga merupakan kebangkitan kembali angkutan barang yang pernah beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Indro beberapa tahun yang lalu yang sempat berhenti," ucapnya.

Dadan mengatakan, target angkutan barang ini untuk tiga bulan pertama akan mengangkut 650 Teus dan kemudian selanjutnya akan mengangkut 750 teus.

"Menimbang bahwa Gresik ini merupakan kota industri yang mempunyai potensi angkutan barang yang bagus, sehingga harapan angkutan kedepannya bisa minimum mencapai 1.550 teus per bulan," ujarnya.

Sampai Oktober 2021, lanjut Dadan, PT KAI Daop 8 telah menggangkut 1.717.074 Ton barang dan melakukan pengiriman ke Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya.

"Jenis angkutan barang yang saat ini dilayani PT KAI diantaranya angkutan BBM, Semen, Kontainer/Petikemas, Retail yang dilayani di Stasiun Kalimas, Benteng, Pasarturi, Malang, dan Surabaya Kota," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Warga Habti-Hati

Dadan menyampaikan, semenjak tidak aktif sekitar 2016, pada 2021 ini sudah ada aktifitas perkeretaapian di Stasiun Indro Kabupaten Gresik.

"Pada 10 Februari lalu, ada kereta api penumpang yang berangkat dari Stasiun Indro, yaitu KA KRD dari Stasiun Indro menuju Stasiun Sidoarjo," ujarnya.

Dadan menghimbau agar masyarakat yang tinggal di area rel kereta api dan pada saat melintas perlintasan kereta api semakin berhati-hati lagi karena nantinya frekuensi operasional kereta api dari dan menuju Stasiun Indro semakin meningkat.

“Semoga dengan terlaksana dan beroperasinya angkutan barang INDOPRIUK CARGO dapat memberikan dampak positif bagi para stakeholders, masyakarat, Industri, Pemerintah setempat dan Penyedia Jasa Logistik lainnya,” ujar Dadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.