Sukses

Tinjau AKI Surabaya, Sandiaga Dorong Pelaku Usaha Terapkan 4 As

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyampaikan pentingnya 4 As dalam menghadapi tantangan serta pelambatan ekonomi saat in

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku usaha menerapkan prinsip 4 As untuk ciptakan peluang usaha dan lapangan kerja di tengah pandemi Covid-19. 4 As yang dimaksud Sandi yakni Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat meninjau Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Surabaya yang digelar pada Jumat (15/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan pentingnya 4 As dalam menghadapi tantangan serta pelambatan ekonomi saat ini.

Sandiaga mengatakan, kerja keras harus diterapkan untuk tetap memupuk semangat. Begitu juga dengan kerja cerdas. Pelaku usaha harus dapat beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi serta memanfaatkan digitalisasi untuk mengatasi beragam keterbatasan selama pandemi Covid-19.

"Kita diberikan begitu banyak karunia oleh Tuhan yang Maha Esa, kita harus Kerja Keras dan Kerja Cerdas menggunakan teknologi, terutama digitalisasi," ungkap Sandiaga.

Bersamaan dengan itu, pelaku usaha harus menerapkan prinsip kerja tuntas untuk mencapai tujuan. Terakhir, seluruh upaya dan langkah membangun usaha harus disempurnakan dengan kerja ikhlas, yakni menyerahkan seluruh hasil dan berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

"Kerja Tuntas jangan pernah berhenti sebelum selesai tugasnya, jangan pernah putus asa, jika gagal harus bangkit kembali. Tuntaskan yang menjadi peluang yang kita dapatkan," ungkap Sandiaga.

"Terakhir adalah kerja ikhlas. Kerja ikhlas ini tentunya sangat diperlukan dalam menyikapi pandemi seperti ini, kita tentunya harus berusaha dengan penuh keikhlasan," paparnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebangkitan Usaha

Besarnya dampak prinsip 4 As itu dibuktikannya lewat kehadiran sejumlah pelaku usaha yang masuk dalam AKI Surabaya. Satu di antaranya adalah GetCraft yang berhasil membuka begitu banyak peluang usaha dan peluang kerja dari kuliner, kriya, fashion dan desain.

Lewat beragam lini usahanya, GetCraft menghadirkan sejumlah produk yang menurutnya bisa dibawa ke level internasional.

"Ini semua menjadi simbol kebangkitan kita. Dan saya tadi menghitung masing-masing sudah membuka antara tiga sampai 10 lapangan pekerjaan, sehingga kalau ditotal ada 40 dikali 110, sudah ada 400 lebih," jelas Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.