Sukses

Buruan Daftar, Ada Vaksinasi Berbonus Telur untuk Lansia di Tulungagung

Liputan6.com, Tulungagung - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung punya cara unik untuk menarik para lanjut usia (lansia) agar bersedia divaksinasi, yaitu dengan memberikan hadiah langsung telur 10 butir.

"Vaksinasi ini bertujuan mempercepat capaian vaksinasi kelompok lansia yang sejauh ini baru tercapai sekitar 28 persen dari total sasaran sekitar 133 ribu lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Kasil Rokhmat, dikutip dari Antara, Rabu (20/10/2021).

Dia menyatakan, dinkes menargetkan vaksinasi untuk 40 persen lansia di Tulungagung. Target itu menjadi misi jangka pendek melalui stimulasi hadiah telur yang kini digelar serentak di semua puskesmas, kecamatan hingga desa.

Pemberian telur bagi lansia dimulai sejak Senin (18/10/2021) dan diproyeksikan terus berlangsung hingga sepekan ke depan.

Kasil mengklaim jurus bagi telur cukup efektif. Jumlah lansia yang mengikuti vaksinasi melonjak. Jika pada hari biasanya lansia yang divaksin antara 200-300 orang per hari, sejak program vaksinasi berhadiah telur jumlah peserta kini naik menjadi 800 hingga 1.000 orang per hari.

Kasil menjelaskan pihaknya telah menyediakan lebih dari 120 ribu butir telur untuk kegiatan vaksinasi lansia.

Ia berharap stimulasi ini efektif dalam mendongkrak capaian vaksinasi kelompok lansia hingga 12 ribuan sasaran, sehingga target minimal 40 persen lansia terpenuhi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Beli dari Peternak

Menurut Kasil, telur-telur ini dibeli langsung dari pengepul yang mengambil dari peternak telur dengan harga Rp18 ribu per kilogram.

Otomatis vaksinasi ini juga membantu peternak telur yang sejak awal Agustus kelabakan dengan anjloknya harga telur.

Selain dengan telur, untuk mendongkrak capaian vaksinasi lansia dilakukan dengan mendekatkan layanan vaksinasi bagi lansia, seperti dengan melakukan vaksinasi lansia di dusun-dusun, terutama wilayah yang capaiannya rendah.

Sementara itu salah satu lansia yang ikuti vaksinasi, Karsil mengaku senang. Pasalnya selain mendapat vaksin, dirinya juga mendapat telur. "Senanglah pasti. Kan selain sehat juga dapat telur," kata Karsil.