Sukses

1.860 Polisi Siaga Amankan Pilkades Serentak Bondowoso 26 Oktober 2021

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Bondowoso Salwa Arifin memastikan persiapan pengamanan Pilkades Serentak 2021 pada 26 Oktober mendatang. Polres Bondowoso menyiapkan 1860 personel untuk mengamankan ajang tersebut.

"Segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan sudah siap 100 persen. Setelah saya cek sudah siap 100 persen," tegasnya dikutip dari TimesIndonesia, Sabtu (23/10/2021).

Selain personel Polri kata dia, Pemkab Bondowoso juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) saat pemungutan suara. "Nanti ada dari Satpol pp setelah hari H," terangnya.

Pihaknya berharap polisi menjamin berlangsungnya pesta demokrasi tingkat bawah berjalan kondusif. 

"Saya harap semua tahapan pelaksanaan hingga pelantikan tak terjadi hal yang tak diinginkan. Tidak ada yang anarkis," paparnya.

Selain itu kata Bupati Salwa titik tekan dalam pelaksanaan tersebut yakni penerepan protokol kesehatan benar-banar dijalankan. 

"Sebab, persoalan menangkal wabah jauh lebih penting. Prokes harus dijalankan. Yang hadir harus menjalankan Prokes," jelasnya.

Kapolres Bondowoso AKBP Herman Priyanto menyebut sudah mensiagakan 1.860 personel dalam pengamanan Pilkades di 171 desa. Sejauh ini kata dia, setiap tahapan berjalan aman. 

"Sementara ini Alhamdulillah aman. Kita harap sampai akhir tetap kondusif. Prokesnya juga tetap dijaga agar Covid-19 bisa terkendali," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Calon Diminta Profesional

Menurutnya, tugas pengamanan tak bisa hanya dilakukan oleh polisi. Dalam pelaksanaannya masih dibutuhkan kerjasama yang baik antar seluruh stakeholder. 

"Mulai dari pemerintah sendiri hingga TNI. Kita kendalikan bersama antara Polri, TNI dan pemerimtah," tegasnya.

AKBP Herman meminta agar seluruh calon Kades maupun pendukungnya bisa profesional. Harus lapang dada menerima apapun yang menjadi hasil akhir. 

"Seluruh calon harus sanggup menerima kalah atau menang. Sehingga situasi kamtibmas terkendali dengan baik," imbaunya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bondowoso bakal menyelenggarakan Pilkades serentak di 171 desa pada 15 November 2021 mendatang Untuk itu, Polres Bondowoso sudah menyiapkan langkah pengamanan.