Sukses

Arti Mural Jokowi yang Juarai Bhayangkara Mural Festival 2021 di Polda Jatim

Bhayangkara Mural Festival 2021 digelar Polda Jatim, memperebutkan Piala Kapolri baru pertama kali dilaksanakan.

Liputan6.com, Surabaya- Alif Edi Hermawan dan Yuda Ramadhana, warga Surabaya dan Driorejo, Kabupaten Gresik, menjadi juara pertama lomba mural untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Humas Polri, yang digelar di lapangan Tenis Indoor, Polda Jatim, Sabtu (30/10/2021). Yuda dan Alif sengaja mengusung konsep gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempunyai makna Indonesia Satu.

"Artinya, negara ini tidak bisa dipimpin hanya satu orang, melainkan harus bersama sama baik TNI, Polri dan juga masyarakat indonesia," kata Yuda, usai menerima penghargaan.

Alif menjelaskan alasan menggambar wajah presiden dengan menunjuk satu jari di depan dan diikuti oleh banyak orang. Artinya, presiden ini seorang pemimpin, namun untuk menuju indonesia satu semua harus bersatu.

"Sebenarnya ini kritik, namun kritik lebih elegan dengan mengekspresikan ke dalam sebuah gambar melalui karya seni mural," ucap Alif.

Bhayangkara Mural Festival 2021 memperebutkan Piala Kapolri baru pertama kali dilaksanakan.

"Ini adalah wadah karya seni yang perlu dimanfaatkan agar rekan-rekan yang mempunyai jiwa seni untuk bisa memberikan tempat dan ruang dalam menyampaikan aspirasi," kata Wakil Kepala Polda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo.

Festival mural ini untuk memberikan wadah menyampaikan aspirasi, seperti yang disampaikan Kapolri  Jenderal Pol Listyo Sigit, Polri tidak risih menerima kritik dan aspirasi bisa dituangkan melalui mural.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.