Sukses

Angin Kencang Mengancam Jatim, BMKG Imbau Waspada 

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi bari adalah Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Bondowoso.

Liputan6.com, Surabaya - Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, dari pantauan citra satelit hari ini, tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi dilanda angin kencang.

"Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya, Senin (1/11/2021).

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi bari adalah Kabupaten Malang,  Probolinggo, dan Bondowoso.

"Kemudian pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," ujarnya.

Ia mengatakan, secara umum suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 14 - 36 derajat celsius, kelembapan udara berkisar antara 45 - 100 persen dengan kecepatan angin dominan dari tenggara ke timur dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per jam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Bencana Hidrometerologi

"Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor dan juga banjir terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan  di setiap kabupaten/kota untuk menyampaikan informasi terbaru kondisi cuaca.

"Masyarakat bisa mengakses informasi terkait BMKG melalui berbagai kanal yang sudah disediakan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.