Sukses

5 Wisata Populer di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi, Bikin Malas Pulang

Api biru di Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia. Selain Kawah Ijen di Banyuwangi, fenomena sejenis juga dapat ditemukan di Gunung Dallol, Ehiopia.

Liputan6.com, Banyuwangi Jalan-jalan ke ujung paling timur Pulau Jawa jangan sampai melewatkan keindahan wisata-wisata Banyuwangi. Banyuwangi memiliki berbagai destinasi wisata yang cocok dikunjungi oleh Anda.

Mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga bisa Anda kunjungi di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini. Beberapa rekomendasi wisata untuk Anda di Banyuwangi di antaranya Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, hingga Waduk Sidodadi Glenmore.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 destinasi wisata di Banyuwangi yang cocok buat mengisi hari libur Anda.

1. Kawah Ijen

Salah satu wisata populer di Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Wisata ini berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Selain menawarkan panorama indah, Kawah Ijen juga dikenal dengan pertambangan belerang yang ikonik. Belerang ini bisa dijadikan sebagai objek foto untuk mengabadikan perjalanan Anda di Kawah Ijen.

Tidak hanya itu, kawah api biru di Kawah Ijen juga menjadi daya tarik wisatawan. Fenomena unik ini disebut Blue Fire yang merupakan hasil dari terbakarnya gas sulfur dari retakan Gunung Api Ijen dengan temperatur mencapai 600 derajat celcius.

Anda harus tahu bahwa api biru di Kawah Ijen ini merupakan yang terbesar di dunia. Selain Kawah Ijen di Banyuwangi, fenomena sejenis juga dapat ditemukan di Gunung Dallol, Ehiopia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantai Pulau Merah

Jika Kawah Ijen berada di dataran tinggi, kali ini Anda diajak untuk melihat keindahan destinasi wisata Banyuwangi di dataran rendah. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah.

Wisata ini tak kalah populernya dengan Kawah Ijen. Konon, penamaan pantai ini karena pulau kecil yang tak jauh dari pantai. Pulau kecil dengan bukit yang tinggi ini memiliki tanah berwarna merah, sehingga pantai ini bernama Pantai Pulau Merah.

Pantai pulau Merah terletak di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Mengutip dari salah satu sumber, harga tiket ini jika di akhir pekan Rp4.000 sedangkan hari biasa Rp3.000.

Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan yang tak ada duanya dengan nuansa Bali. Anda bisa mendapatkan atmosfer syahdu di pantai ini ketika matahari turun ke peraduannya.

 

3 dari 4 halaman

3. Air Terjun Bayu Lor

Wisata yang cocok untuk Anda saat di Banyuwangi adalah Air Terjun Bayu Lor. Di sini atmosfer alami akan terasakan oleh Anda.

Air terjun di Banyuwangi ini membentuk beberapa undakan yang membuat wisatawan takjub saat melihatnya. Namun, Anda harus waspada karena daerah ini rawan longsor dan air terjunnya pun cukup deras.

Selain keindahan alam di air terjun, Anda juga bisa menikmati suasana perkebunan. Spot-spot instagramable pun tersedia untuk Anda di tempat wisata ini.

4. Jawatan Benculuk

Wisata berikutnya yang menyuguhkan pesona alam adalah Jawatan Benculuk. Beragam tumbuhan dan pepohonan dengan tanaman menjalar bisa Anda temukan di sini.

Dulu tempat ini terlihat menyeramkan lantaran tidak terurus. Namun, sejak Pemerintah Banyuwangi menata ulang membuat area ini ramai dikunjungi dan menjadi salah satu objek wisata.

Tumbuhnya 50 pohon trembesi besar dan terlihat unik membuat tempat ini tak lagi menyeramkan. Anda bisa memanfaatkan pesona alam hutan trembesi ini untuk merefleksikan diri dari penatnya hiruk pikuk Banyuwangi.

 

4 dari 4 halaman

5. Waduk Sidodadi Glenmore

Ada wisata yang wajib dikunjungi oleh Anda dan keluarga, yaitu Waduk Sidodadi Glenmore. Di sini Anda bisa menikmati panorama waduk yang menyejukkan mata.

Bersama keluarga Anda bisa menikmati berbagai permainan yang bertema alam. Anda juga bisa mengabadikan momen di taman bunga warna-warni atau di kebun buah naga dan kakao.

Jika belum puas, Anda bisa menginap di sini dengan fasilitas camping ground yang tersedia. Memiliki hobi memancing juga sangat cocok jika berlibur ke tempat ini, karena di wisata waduk ini terdapat kolam pemancingan yang bisa mengisi hari-hari Anda jika tak berminat melakukan aktivitas fisik.

Segera siapkan rencana untuk ke tempat wisata ini. Lokasinya berada di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Tidak mahal, tiket masuk ke Waduk Sidodadi Glenmore cukup murah. Jika menggunakan mobil, Anda akan kena tarif Rp5.000, sedangkan bus RP20.000.

Itulah rekomendasi wisata populer di Banyuwangi dari berbagai destinasi. Siap-siap setelah ini mulai mengunjungi satu per satu agar bisa menikmatinya secara langsung.

 

Penulis: Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.