Sukses

7 Wisata Religi Terbaik di Jawa Timur, Ada Spot Foto Instagramable

Wali Songo atau wali sembilan merupakan tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Tak heran jika di Jawa Timur banyak peninggalan-peninggalan sejarah Wali Songo yang kemudian menjadi wisata religi.

Liputan6.com, Surabaya Provinsi Jawa Timur menawarkan berbagai jenis wisata di setiap kabupaten dan kotanya. Mulai dari gunung, pantai, gua, hingga air terjun.

Selain itu, provinsi terluas di Pulau Jawa ini juga terdapat wisata religi. Destinasi wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Jawa Timur.

Adanya wisata religi di Jawa Timur tidak terlepas dari sejarah tempo dulu. Salah satu sejarah yang populer di telinga masyarakat adalah kisah Wali Songo.

Wali Songo atau wali sembilan merupakan tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Tak heran jika di Jawa Timur banyak peninggalan-peninggalan sejarah Wali Songo yang kemudian menjadi wisata religi.

Mulai dari makam para wali hingga masjid saat ini menjadi pilihan wisata religi saat berkunjung ke Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya, simak 8 wisata religi terbaik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi dalam waktu dekat.

1. Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat merupakan salah satu wali yang termasuk dalam Wali Songo. Semasa hidupnya, ia menyebarkan agama Islam dan dihormati oleh masyarakat setempat.

Setelah tutup usia, makam Sunan Drajat yang terletak di Lamongan, Jawa Timur sering diziarahi. Makam Sunan Drajat sangat rimbun dan asri. Pepohonan di sekitar makam menyejukkan setiap pengunjung.

Jika berkunjung ke makam ini, Anda bisa sekalian ke museum Sunan Drajat. Museum ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa Sunan Drajat semasa hidupnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Makam Sunan Ampel

Selain makam Sunan Drajat, rekomendasi lain wisata religi di Jawa Timur adalah makam Sunan Ampel. Sunan Ampel yang memiliki nama kecil Raden Rahmat merupakan penyebar agama Islam di Pulau Jawa bagian dari Wali Songo.

Sunan Ampel wafat dan dimakamkan di Surabaya. Makam Sunan Ampel yang berada di tengah kota, di kawasan Nyampulangan ini ramai dikunjungi oleh penziarah.

Selain berziarah, jika mengunjungi makam Sunan Ampel Anda bisa sekalian wisata budaya dan kuliner. Di Kampung Arab Ampel ini terdapat spot foto yang instagramable untuk Anda.

3. Makam Sunan Giri

Wisata religi berikutnya adalah makam Sunan Giri. Lokasinya berada di daerah perbukitan, tepatnya di Kecamatan Kebomas, Kota Gresik, Jawa Timur.

Tidak hanya hari libur, pada hari-hari biasa juga makam Sunan Giri ramai dikunjungi para penziarah. Memang yang paling ramai saat memasuki bulan Ramadan.

Penziarah dari berbagai daerah mengunjungi makam salah satu dari Wali Songo ini. Mereka menziarahi sosok penyebar agama Islam di Pulau Jawa bersama anggota Wali Songo lainnya.

 

3 dari 5 halaman

4. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Syekh Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Gresik wafat pada awal abad ke-14. Kemudian dimakamkan di Desa Gapura Wetan, Kota Gresik.

Selain berziarah, pengunjung makam Sunan Gresik juga dapat melihat situs-situs sejarah peninggalan anggota keluarga kerajaan Majapahit.

5. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang disebut ada di empat tempat. Namun, yang paling populer dan diyakini sebagai makam Raden Maulana Makdum Ibrahim ini berada di belakang Masjid Agung Tuban, Jawa Timur.

Saat memasuki area makam Sunan Bonang, Anda akan disambut dengan gapura yang menyerupai candi. Tidak jauh dari area makam terdapat penjual makanan dan minuman khas Tuban.

 

4 dari 5 halaman

6. Makam KH Abdurrahman Wahid

Siapa yang tidak mengenal KH Abdurrahman Wahid? Presiden keempat Republik Indonesia ini makamnya sering dikunjungi para penziarah.

Makam Gus Dur yang kini menjadi wisata religi berada di Jombang, Jawa Timur. Lokasinya dikenal sebagai kawasan pengembangan Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Selain makam Gus Dur, Anda juga bisa ziarah ke tokoh-tokoh lainnya seperti pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim.

 

5 dari 5 halaman

7. Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko

Selain makam tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa, alternatif wisata religi lainnya adalah masjid-masjid di Jawa Timur.

Di Jawa Timur ada salah satu masjid yang cukup unik yaitu Masjid Bumi Gua Ashabul Kahfi Al-Maroko. Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata religi di Jawa Timur.

Lokasi masjid ini berada di dalam gua, jalan Gedong Ombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Saat berkunjung ke masjid ini Anda akan diperlihatkan seni arsistektur yang begitu indah. Anda bisa berfoto di spot-spot menarik masjid ini yang instagramable banget.

Selain Masjid Bumi Ashabul Kahfi Al-Maroko, Anda juga bisa ke Masjid Tiban Turen yang terletak di Desa Sananreji Turen, Malang, Jawa Timur. Masjid tersebut juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Jawa Timur.

 

Penulis: Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.