Sukses

Update Banjir Bandang Kota Batu, 6 Orang Meninggal dan 3 Hilang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan sampai Jumat siang ini terdata ada 15 orang korban banjir bandang.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan sampai Jumat siang ini terdata ada 15 orang korban banjir bandang. Di antara korban itu, ada enam orang telah ditemukan di lokasi berbeda dan sudah meninggal dunia.

Selain korban jiwa, Tim SAR Gabungan sampai siang ini masih mencari tiga korban hilang yang terseret banjir bandang Kota Batu. Sedangkan enam korban lagi telah ditemukan dalam kondisi selamat dan luka-luka.

"Jumlah korban akan terus kami update karena sampai sekarang masih terus pencarian," kata Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu di Kota Batu, Jumat, 5 November 2021.

Keenam korban meninggal dunia itu yakni Wiji, warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto. Sarip, warga Dusun Sambong, Desa Bulukerto.  Adi Wibowo, warga Jalan Kartini, Kelurahan Ngaglik,  Wakri, warga Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno,  Mahendra Feri dan Alverta shenazia arvisa vindra keduanya warga Dukuh Sambong, Dusun Gintung, Desa Bulukerto. 

Sedangkang tiga korban yang dilaporkan masih terus dalam pencarian oleh tim SAR Gabungan yakni Tokip dan Arif keduanya warga Sambong, Desa Bulukerto. Serta Fery, warga Dusun Cangar, Desa Bukukerto. Tim juga melibatkan unit K9 kepolisian untuk pencarian korban.

Sementara enam korban yang sudah berhasil ditemukan dalam kondisi selamat dan luka yaitu Bayu Agung Setiawan dan Saiful keduanya warga Toyomerto  Desa Pesanggrahan. Fainis, warga Sumbersari, Desa Giripurno, Linda Ariesta, warga Dusun Kajar, Bumiaji, Muhoratul Jannah, warga Jalan Samadi, Batu. Mereka dirawat di Puskesmas Beji. Seorang korban lagi yakni Arif, warga Jalan LA Sucipto Kota Malang yang dirujuk ke RS Prasetya Husada Karang Ploso

"Tim terus mencari korban serta membersihkan material banjir bandang," ucap Agung.

Banjir bandang di Kota Batu terjadi pada Kamis, 4 November 2021 sekitar pukul 14.00. Selain korban jiwa, banjir ini turut menyebabkan kerusakan fasilitas umum, rumah penduduk hingga memutus akses penghubung antar desa di sejumlah titik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Kerusakan

Selain korban jiwa, BPBD Kota Batu juga mencatat ada 22 rumah warga rusak diterjang banjir bandang. Selain itu, puluhan motor dan tiga mobil rusak berat. Tak sedikit pula hewan ternak warga seperti sapi dan kambing hanyut ke sungai.

BPBD Kota Batu mencatat ada enam titik lokasi banjir bandang. Yakni Dusun Sambong dan Dusun Beru di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Lalu Desa Sumberbrantas dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Berikutnya, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo dan Jalan. Raya Dieng, Desa Sidomulyo di wilayah Kecamatan Batu.

"Kami terus membersihkan material banjir bandang serta pendataan kebutuhan darurat seperti obat-obatan untuk warga," kata Agung. (Zainul Arifin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.