Sukses

Siap-Siap Antisipasi Kali Lamong Meluap, Pemkot Surabaya Terjunkan Personel ke Gresik

Kegiatan ini diinisiasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya untuk menangkan luapan air Kali Lamong.

Liputan6.com, Surabaya- Ada pengerukan dan pembuatan tanggul dadakan di Morowudi dan Jembatan Bobo Gresik. Kegiatan ini diinisiasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya untuk menangkan luapan air Kali Lamong.

Menurut Kepala DPUBMP Surabaya Erna Purnawati, pengerukan sedimen sudah dilakukan sejak Sabtu (6/11/2021) sore. Sedimen dikeruk untuk dijadikan tanggul.

Kami juga fokus untuk menangani terowongan di bawah jembatan supaya bisa dialiri air,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (7/11/2021).

Ia mendapatkan perintah langsung dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk membantu sejumlah wilayah di Kabupaten Gresik yang terendam banjir akibat meluapnya Kali Lamong.  DPUBMP Surabaya juga mengirim dua alat berat beserta 10 personel ke Kabupaten Gresik. 

"Jadi, dua alat berat itu kami turunkan ke sungai Kali Lamong, karena memang pada saat itu endapannya sudah mengeras. Kami keruk endapan itu dan kami bikinkan tanggul di pinggirnya," kata Erna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Bobo

Selain mengeruk dan membuat tanggul, personel juga menelusuri saluran air di bawah Jembatan Bobo. Personel menemukan satu saluran yang diduga tersumbat dan tidak bisa dialiri air.

Kepala DPUBMP Surabaya ini mengaku masih mencari cara untuk mengatasi dan menangani terowongan yang tersumbat tersebut, sehingga diharapkan dua terowongan itu bisa dialiri air dengan lancar, dan air di wilayah tersebut tidak meluap lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.