Sukses

1.680 Polisi Amankan Pilkades Serentak Bondowoso Hari Ini 

Para personel tersebut akan melakukan pengamanan selama tiga hari, yaitu satu hari sebelum dan sesudah pemiliham, atau Tanggal 14-16 November.

Liputan6.com, Surabaya - Polres Bondowoso menyiapkan 1.680 personel untuk mengamankan Pilkades Serentak di 171 desa di Bondowoso yang digelar Senin, (15/11/2021).

Kabag Ops Polres Bondowoso AKP Agustinus Robbi Hartanto mengatakan, ribuan personel tersebut mendapatkan sokongan pasukan dari berbagai Polres di Jawa Timur. Pasukan juga ditambah 6 SSP (Satuan Setingkat Peleton) Sat Brimob Polda Jatim dan 3 SSP Dalmas Polda Jatim.

"Mereka disebar ke semua titik yang menggelar Pilkades serentak," katanya dikutip dari TimesIndonesia, Minggu (15/11/2021).

Sementara untuk yang BKO (bawah kendali operasi) pengamanan TPS (tempat pemungutan suara) otomatis disebar di 23 kecamatan di 171 TPS. 

Sedangkan untuk Sat Brimob, sebanyak dua pleton disebar di Rayon Jambesari dan Prajekan. 

"Untuk yang Dalmas disebar di Sukosari, Wonosari dan Curahdami," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Para personel tersebut akan melakukan pengamanan selama tiga hari, yaitu satu hari sebelum dan sesudah pemiliham, atau Tanggal 14-16 November. 

Penyebaran pasukan juga dilakukan di beberapa titik rawan. Diantaranya Kecamatan Prajekan dan Kecamatan Jambesari Darussolah yang membawai beberapa Polsek. 

"Tetap kita siagakan satu SSB Brimob Polda. Itu yang kita anggap rawan. Prajekan juga membawai Botolinggo dan Cermee," jelasnya.

Adapun di Desa Pakuwesi yang sempat memanas sebelum pelaksanaan Pilkades, Robbi menyebut bahwa di tempat tersebut masih ada sisa 4 SSP Brimob Polda Jatim dan 1 SSP Tim Anarkis yang disiagakan di Mapolres. 

Sedangkan yang di Jambesari juga mengcover empat kecamatan yaitu Tamanan, Tlogosari, Grujugan dan Maesan. 

"Karena titik rawannya ada di Jambesari makanya kita pasukan siagakan di Jambesari," paparnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibantu TNI dan Satpol PP

Selain kepolisian, personel pengamanan Pilkades juga dibantu oleh TNI sebanyak  tiga peleton, Satpol PP dan beberapa lintas sektoral lainnya. 

"Kalau butuh tambahan personel ya kita tinggal koordinasikan dengan Pak Dandim," ucapnya.

Para personel keamanan dari Polres Bondowoso diminta untuk bersikap netral dan tidak berpihak kepada siapapun dalam Pilkades serentak di Bondowoso tersebut. "Kita sampaikan bahwa polisi adalah problem solving. Jangan sampai kedatangan kita malah menimbulkan masalah," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini