Sukses

Kejar PPKM Level 1, Cak Thoriq Kebut Capaian Vaksinasi di Lumajang

Bupati yang biasa disapa Cak Thoriq itu menjelaskan, untuk turun level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

Liputan6.com, Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta jajarannya melakukan percepatan vaksinasi, mengingat  capaian vaksinasi Covid-19 di Lumajang masih tergolong rendah.

Ia mengatakan stok dosis vaksin di Kabupaten Lumajang masih tercukupi, sehingga tidak ada lagi alasan keterbatasan vaksin saat kegiatan vaksinasi.

"Vaksin tersedia, tidak ada lagi alasan kekurangan vaksin atau kuota terbatas, apalagi menolak masyarakat dan itu penting dipahami, jangan sampai ada miskomunikasi lagi," tuturnya rapat koordinasi dan evaluasi percepatan vaksinasi COVID-19, Jumat (19/11/2021), dikutip dari Antara.

Bupati yang biasa disapa Cak Thoriq itu menjelaskan, untuk turun level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

"Di Kabupaten Lumajang cakupan vaksinasi umum masih berada pada angka 52,12 persen, sementara capaian khusus lansia 27,11 persen," katanya.

Cak Thoriq meminta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang untuk memantau langsung perkembangan jalannya optimalsasi vaksinasi di semua puskesmas di kabupaten setempat.

Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo mengatakan dalam waktu tujuh hari harus ada peningkatan capaian vaksinasi COVID-19.

"Target yang ingin dicapai adalah level 1 PPKM, sehingga dalam hitungan matematis harus ada pencapaian harian sebanyak 18 ribu dosis untuk masyarakat umum," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Tim Khusus

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan strategi dengan membentuk tim khusus dengan target tujuh hari lagi masuk level 1, sehingga bergerak dari rumah ke rumah.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan segala persiapan telah dilakukan untuk menembus target level 1 PPKM yang ditelah ditargetkan Pemkab Lumajang.

"Bagaimana kita berkoordinasi untuk mencapai target tersebut, vaksin sudah ada, strategi ada, dan sasaran juga ada, kita tinggal maksimalkan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.