Sukses

Pidana Menanti Jika Berani Salahgunakan Pupuk Urea Gratis di Situbondo

Ia meminta penerima bantuan pupuk urea gratis harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah daerah, yaitu petani yang punya lahan pertanian tak lebih dari 0,2 hektare.

Liputan6.com, Situbondo - Pidana menanti siapa saja yang menyalahgunakan pendistribusian pupuk urea gratis untuk petani di Situbondo.

"Saya minta seluruh petugas penyuluh lapangan (PPL) tidak main-main dalam pendistribusian pupuk urea gratis," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi, dikutip dari Antara, Salasa  (23/11/2021)

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menegaskan akan menempuh jalur hukum bagi siapa saja yang menyalahgunakan pendistribusian pupuk urea gratis, dananya bersumber dari APBD 2021 itu.

"Hati-hati dengan pendistribusian pupuk bersubsidi. Jangan sampai diperjualbelikan, saya polisikan nanti kalau main-main," ucapnya.

Ia meminta penerima bantuan pupuk urea gratis harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah daerah, yaitu petani yang punya lahan pertanian tak lebih dari 0,2 hektare.

"Semula rencana kami bagikan kepada petani yang punya lahan di bawah 0,4 hektare. Tapi dalam perjalanannya harga pupuk urea naik dua kali lipat, sehingga pemkab berinisiatif untuk memberikan kepada petani yang punya lahan di bawah 0,2 hektare," tuturnya.

Pemkab Situbondo akan menganggarkan kembali pengadaan pupuk urea gratis tahun depan, yang diprioritaskan kepada petani pada tahun belum mendapatkan distribusi pupuk gratis.

"Tahun depan petani yang punya lahan 0,4 hektare akan kami anggarkan juga," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi PPL

Bung Karna juga mengapresiasi kinerja petugas penyuluh lapangan (PPL) yang senantiasa memberikan dedikasi kepada petani untuk terus berinovasi meningkatkan kesejahteraan petani.

"PPL ini sosok yang luar biasa, karena bertugas untuk memberikan dedikasi kepada petani. Mengubah petani menjadi lebih sejahtera," ujarnya.

Pada tahun ini, Pemkab Situbondo telah mengnggarkan lebih dari Rp13 miliar hibah pengadaan pupuk urea gratis bagi petani. Sedikitnya ada 1.228 ton yang akan dibagikan kepada ribuan petani yang punya lahan 0,2 hektare, pada awal Desember 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.