Sukses

Jalan-Jalan ke Gunung Bromo, Jangan Lewatkan 4 Pesona Keindahan Ini

Liputan6.com, Pasuruan Pantai bukan satu-satunya tempat untuk menikmati pesona alam Jawa Timur, demikian juga air terjun. Kesejukan dan keindahan alam Jawa Timur ternyata dapat dinikmati dari ketinggian, sebut saja di gunung. Ada banyak gunung di Jawa Timur yang bisa memanjakanmu saat liburan, salah satunya adalah Gunung Bromo.

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl). Letaknya berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo pernah meletus beberapa kali dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1974 dan terakhir tahun 2016.

Meskipun sampai saat ini tercatat gunung berapi aktif, tapi gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sering menjadi objek wisata andalan di Jawa Timur. Wisatawan berdatangan dari berbagai penjuru nusantara hingga mancanegara.

Siap-siap kamu disambut dengan pemandangan indah saat liburan ke Gunung Bromo. Melihat pesona Jawa Timur dari ketinggian memang akan menjadi hal berkesan bagi setiap wisatawan. Apalagi bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit di tempat terbaik Pulau Jawa. Hal inilah yang membuat Bromo dijuluki sebagai golden sunrise .

Tidak hanya itu, Bromo juga menyuguhkan pesona lainnya seperti kawah, pasir berbisik, bukit penanjakan 1 dan 2, hingga bukit teletubbies. Mengutip berbagai sumber, berikut sederet keindahan yang dapat kamu nikmati di kawasan wisata Gunung Bromo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 4 halaman

Kawah Gunung Bromo

Untuk menikmati pesona Bromo, kamu tidak perlu jalan seperti halnya mendaki gunung. Di tempat wisata ini tersedia kendaraan sejenis Jeep yang bisa kamu sewa untuk keliling Bromo. Tentunya tidak gratis, tenang tidak mahal juga. Jasa kendaraan akan terbayar dengan segala spot-spot menarik dan menawan di gunung ini.

Menaiki Jeep tersebut, kamu akan diajak ke kawah Gunung Bromo. Namun, Jeep hanya bisa sampai tempat parkir kawah Gunung Bromo. Jika ingin mendekati kawah, kamu bisa jalan atau menaiki kuda. Sangat disarankan untuk menggunakan masker, karena jalan menuju kawah penuh debu dan pasir.

Selam perjalanan menuju kawah, ada beberapa tempat yang akan kamu lihat, seperti Pura Luhur Poten untuk melaksanakan perayaan Yadya Kasada atau Upacara Kasodo hingga bukit pasir. Setelah melewati itu, kawah Gunung Bromo semakin mendekat. Selama di kawah kamu akan menikmati pemandangan yang memukau dan melihat pegunungan Tengger serta Gunung Batok yang membentuk garis-garis curam.

 

3 dari 4 halaman

Pasir Berbisik

Di bagian timur Gunung Bromo, kamu akan melihat hamparan pasir hitam yang luas dan indah, namanya Pasir Berbisik. Tempat ini disebut Pasir Berbisik lantaran ketika mendekatkan telinga ke pasir akan terdengar bisikan.

Semenjak menjadi lokasi syuting film “Pasir Berbisik”, tempat satu ini semakin populer. Kamu juga bisa menjadikan Pasir Berbisik sebagai spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen kamu saat di Gunung Bromo.

Bukit Penanjakan 1 dan 2

Spot berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Gunung Bromo adalah Bukit Penanjakan 1 dan 2. Kamu bisa melihat sunrise di sini, melihat pemandangan matahari terbit yang kemudian akan menjadi sesuatu yang berkesan bagi hidupmu. Bisa jadi bukit ini menjadi tempat pertama kali kamu melihat sunrise dari ketinggian.

Mengunjungi Bukit Penanjakan 1 dan 2 cocoknya dini hari, pukul 02.00 atau 03.00 pagi. Jika kamu muslim, kamu bisa melaksanakan salat Subuh di mushala yang tersedia di sekitar bukit ini. Alasan berkunjung dari dini hari agar kamu semakin siap menyambut pemandangan matahari terbit di tempat terbaik Pulau Jawa.

 

4 dari 4 halaman

Bukit Teletubbies

Bagi penggemar tayangan Teletubbies pasti akan mengira film tersebut syuting di Gunung Bromo. Bukan, bukit di Gunung Bromo ini hanya mirip saja yang kemudian disebut Bukit Teletubbies.

Bukit Teletubbies sangat instagramable, cocok buat kamu yang suka foto dengan background perbukitan. Dijamin hasilnya akan membuatmu puas.

Itulah berbagai pesona yang akan kamu nikmati dan rasakan saat berkunjung ke Gunung Bromo. Yuk siap-siap segera jadwalkan liburan ke salah satu wisata terbaik di Jawa Timur ini.

 

Penulis: Muhamad Husni Tamami