Sukses

Polres Trenggalek Siagakan Tim Satgas Antisipasi Bencana Longsor

Untuk mengantisipasi potensi longsor di musim hujan, Polres Trenggalek menyiagakan tim satgas bencana.

Liputan6.com, Trenggalek - Patroli secara berkala terus diintensifkan oleh aparat Polres Trenggalek, Jawa Timur guna mengedentifikasi daerah rawan longsor. Sejauh ini, telah ditemukan sejumlah titik rekahan serta rekahan tanah yang berpotensi merusak permukiman warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera menjelaskan, patroli ini dimaksudkan sebagai langkah preventif dan untuk mengurangi jumlah korban.

"Patroli ini dimaksudkan untuk memetakan sekaligus antisipasi kerawanan yang ditimbulkan akibat bencana alam berikut progres apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi fatalitas korban," kata Dwiasi Wiyatputera di Trenggalek, Rabu (24/11/2021), dilansir dari Antara.

Mengacu data BPBD maupun kepolisian, total ada 45 desa yang tersebar di 10 kecamatan yang dipetakan sebagai daerah rawan longsor.

Peristiwa longsor bahkan sudah beberapa kali terjadi dan menimpa rumah-rumah warga. Terbaru kejadian longsor terjadi pada Selasa (23/11) malam, sekitar pukul 21.00 WIB di Desa Depok Kecamatan Bendungan.

Kendati tidak sampai menyebabkan korban jiwa maupun luka-luka, kerugian akibat serangkaian longsor selama tiga pekan terakhir menyebabkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Setidaknya ada sekitar 30 rumah rusak terdampak longsor merujuk catatan BPBD Trenggalek pada tiga pekan terakhir.

Untuk mengantisipasi potensi longsor di musim hujan, Polres Trenggalek menyiagakan tim satgas bencana.

"Personel juga disiagakan jika sewaktu-waktu di butuhkan. Hari ini kita turunkan anggota baik dari Polres maupun Polsek jajaran untuk membantu pembersihan dan evakuasi," kata Dwiasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

45 Desa Rawan Longsor

 

Sekretaris BPBD Trenggalek, Tri Puspita Sari mengatakan, puluhan desa itu ada di Kecamatan Watulimo, Tugu, Trenggalek, Pule, Panggul, Munjungan, Kampak Durenan, Dongko dan Kecamatan Bendungan. Di Trenggalek ada 152 desa dan 5 kelurahan di 14 kecamatan.

"Secara global ada berapa titik krusial rawan longsor yang harus di waspadai ketika musim hujan, yaitu 45 desa di 10 kecamatan," ujarnya.

Titik terbanyak potensi rawan longsor saat musim penghujan dari 45 desa tersebut ada di Kecamatan Pule dengan jumlah sebanyak 10 desa. Titik rawan longsor itu berada di Desa Joho, Jombok, Karanganyar, Kembangan, Pakel, Kembangan, Pule, Sidomulyo, Sukokidul dan Desa Tanggaran.

Untuk meminimalisasi risiko bencana, BPBD sudah mengambil beberapa langkah. Di antaranya adalah memberikan bronjong kepada desa rawan longsor, mengajukan anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan akibat bencana ke BNPB dan BPBD provinsi hingga meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di daerah rawan bencana.

 

PICTURE FIRST: Dilarang Selfie di Masjidil Haram 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.