Sukses

Lomba Masjid Bersih di Kota Kediri, Pemenangnya Kantongi Rp 55 Juta

Liputan6.com, Kediri - Pemerintah Kota Kediri bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar lomba masjid bersih untuk menjadikan  masjid sebagai tempat yang lebih baik, .

Dari lomba ini, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berharap agar kegiatan ini terus berlanjut dan memberi motivasi para pengurus masjid dan musala agar menata rumah ibadah umat Islam ini.

"Ini kolaborasi yang sangat baik. Mudah-mudahan bisa berlanjut dan memberikan motivasi untuk masjid serta musala yang masih kurang tertata untuk lebih baik. Bisa juga studi banding ke para pemenang bagaimana manajemen masjid yang baik," katanya di Kediri, Selasa (30/11/2021), dilansir dari Antara.

Wali Kota juga menekankan bahwa saat ini ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama yakni memakmurkan masjid, yang utamanya keterlibatan generasi muda.

Ia berharap, takmir harus terus melibatkan generasi muda, agar mereka terbiasa dan cinta dengan nuansa Islam. Mereka dididik untuk siap melanjutkan estafet perjuangan syiar Islam.

"Saya selalu sampaikan kepada Bapak Ibu kepala sekolah bahwa generasi di Kota Kediri harus soleh, solehah dan hebat. Sekarang sudah globalisasi. Kita harus berikan media terbaik yang menurut saya sampai saat ini media terbaik itu adalah di masjid," kata dia.

Lomba Masjid Bersih di Kota Kediri ini sudah digelar sebanyak empat kali dan mengambil tema yang berbeda-beda.

Tahun pertama mengambil tema kebersihan, tahun kedua dengan tema sertifikasi wakaf, tahun ketiga bertema protokol kesehatan, dan tahun keempat ini mengambil tema manajemen masjid secara keseluruhan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 2 halaman

Hadiah Rp 55 Juta

Melalui kegiatan ini diharapkan takmir-takmir di Kota Kediri saling belajar dan termotivasi untuk membuat masjid di Kota Kediri menjadi lebih baik.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur K.H. Muhammad Roziqi memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Lomba Masjid Bersih se-Kota Kediri.

"Alhamdulillah Bapak Wali Kota Kediri sangat memperhatikan DMI Kota Kediri. Berkat perhatian Bapak Wali Kota lomba ini dapat terselenggara dengan baik. Lomba ini sangat memperhatikan masjid," kata dia.

Pada lomba Masjid Bersih tahun 2021 ini, juara I diraih Masjid Al-Khalid Kelurahan Semampir, juara II diraih At-Taqwa Kelurahan Pakunden, dan juara III diraih Nur Hikmah Kelurahan Dermo. Sementara Harapan I diraih Masjid H.M. Wijadi Kelurahan Dandangan, harapan II diraih Masjid Al-Hidayah Kelurahan Tosaren, dan harapan III diraih Masjid An-Nur Kelurahan Tamanan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan hadiah kepada enam pemenang Masjid Bersih Tahun 2021 tersebut di Grand Surya Hotel Kediri. Hadiah yang diberikan berupa plakat dan uang tunai dengan total Rp55,6 juta.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua DMI Kota Kediri Kiai Haji Abu Bakar Abdul Jalil, Pelaksana Tugas Kabag Kesra Kota Kediri Ardi Handoko, Ketua Takmir Masjid se-Kota Kediri, dan tim juri Lomba Masjid Bersih tahun 2021.