Sukses

Dosen Ubhara Jaya Diminta Konversikan Hasil Penelitan ke Buku, Ini Tujuannya

Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Bambang karsono meminta seluruh sivitas akademika mengasah potensinya dalam menulis buku.

Liputan6.com, Jakarta Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Bambang karsono meminta seluruh sivitas akademika mengasah potensinya dalam menulis buku.

Menurutnya, buku pendidikan merupakan sarana penting untuk dijadikan bacaan oleh dosen dan mahasiswa, termasuk untuk meningkatkan kualitas berfikir dan berargumentasi.

"Kemajuan sebuah negara tidak akan lepas dari peranan buku, karena dengan memproduksi buku, maka kontribusi terhadap satu perkembangan ilmu sedang berlangsung," ujarnya saat webinar "Meningkatkan kinerja dosen dengan memproduksi buku sebagai media diseminasi ilmu dan pengetahuan”, Kamis (2/12/2021).

Ada beberapa buku pendidikan, di antaranya buku referensi, buku ajar, buku monograf, diktat, dan modul yang biasa diproduksi di dalam kampus, dapat juga diterbitkan menjadi buku komersial yang disebarluaskan pada pembaca yang lebih luas.

Strategi di atas akan membantu mengubah atau mengkonversi karya ilmiah jenis tesis atau disertasi menjadi buku yang layak baca dan perlu.

"Buku tersebut menjadi mudah untuk dibaca dan dipahami oleh masyarakat luas. Sehingga tidak hanya ditujukan untuk masyarakat ilmiah saja," Sambungnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengabdian Masyarakat

Dia pun meminta para dosen dapat menjalankan tuntutan tridharma perguruan tinggi secara paripurna. Selain mampu mengajar mahasiswa dengan hati, dosen menjalankan penelitian dengan profesional dan melakukan pengabdian pada masyarakat serta menulis laporan ataupun menulis buku.

"Saya mengajak bapak/ibu dosen bersama-sama menghasilkan berbagai buku, sebagai cerminan dari luaran penelitian dan pengabdian masyarakat berupa produk-produk inovatif, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja kampus yang kita banggakan ini," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.