Sukses

Logistik dan Alat Berat dari Surabaya Meluncur Bantu Warga Korban Gunung Semeru Meletus

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Surabaya mengirim kendaraan berat, puluhan personel dan logistik ke lokasi bencana Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan, setelah Wali Kota Eri Cahyadi mengetahui informasi bencana itu, BPB Linmas beserta beberapa dinas lainnya diminta untuk berangkat membantu Pemkab Lumajang. 

"Pak wali kota sering mendengungkan kolaborasi dan gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Apalagi beliau menjadi koordinator Kepala Daerah di Jawa Timur," ujarnya, Minggu (5/12/2021), dikutip dari Antara.

Irvan mengatakan, seluruh personel dari Pemkot Surabaya membantu Pemkab Lumajang hingga bencana erupsi Gunung Semeru dinyatakan selesai. 

"Jumlahnya sebanyak 55 personel. Dari BPB Linmas sebanyak 17 personel, Dinas PMK sebanyak 24 personel, Satpol PP sebanyak 11 personel, dan Dinsos sebanyak 3 personel," katanya.

Sedangkan untuk kendaraan berat yang dikirimkan oleh Pemkot Surabaya adalah dua unit Truk, satu unit Truk Dapur Umum, dua unit Truck Water Supply, tiga unit Truk Pemadam, satu unit Skywalker, satu unit Bronto Skylift  44, dan tiga unit Pick up. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bantuan Logistik

"Yang paling penting juga kami membawa bantuan logistik untuk para korban erupsi Gunung Semeru," katanya.

Bantuan logistik itu di antaranya mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dos, dan selimut sebanyak 200 buah. Sedangkan untuk saat ini, kata dia, tim dari Pemkot Surabaya sedang menuju ke Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yakni lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Perkembangan di Pendopo Arya Wiraraja, tim langsung berkoordinasi terkait penempatan personel, unit kendaraan maupun peralatan yang akan difungsikan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru," katanya.