Sukses

Bung Karna Kirim Puluhan Personel dan Bikin Dapur Umum untuk Korban Semeru Erupsi

Selain mengirim puluhan personel gabungan ke lokasi terdampak letusan gunung api itu, Bupati akrab disapa Bung Karna juga mendirikan dapur umum untuk kebutuhan masyarakat.

Liputan6.com, Situbondo - Pemkab Situbondo tidak mau ketinggalan untuk membantu korban Gunung Semeru di Lumajang yang meletus pada Sabtu sore (4/12/2021).

"Alhamdulillah hari ini kami berangkatkan personel dari Pusdalops BPBD, TAGANA (Dinas Sosial), Palang Merah Indonesia (PMI), Satpol PP dan Baznas, membantu dampak bencana letusan Gunung Semeru," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi, Senin (6/12/2021).

Selain mengirim puluhan personel gabungan ke lokasi terdampak letusan gunung api itu, Bupati akrab disapa Bung Karna juga mendirikan dapur umum untuk kebutuhan masyarakat. Pemkab Situbondo menyiapkan beras 1,2 ton, mi, telur dan lauk pauk lainnya untuk enam hari ke depan.

"Semoga selama enam hari ke depan status tanggap darurat bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang sudah selesai. Jika memang tanggap darurat berlanjut, kami dari Pemkab Situbondo akan terus membantu apa yang menjadi kebutuhan warga terdampak bencana," ujarnya.

Bupati Karna menambahkan, juga ada sekitar seribu dos air minum kemasan dan satu truk tangki air bersih/minum serta pakaian laik pakai, untuk korban letusan gunung api yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu.

"Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini, diharapkan mampu memberikan manfaat kepada warga korban bencana alam letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) sore lalu," tuturnya.  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat-Obatan dan Vitamin

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Zainul Arifin mengemukakan, dari Pusdalops diberangkatkan sebanyak 10 orang personel dan seratus paket sembako dan logistik lainnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial juga  memberangkatkan 25 orang personel, dan paket sembako, termasuk paket sembako dari Forum CSR Situbondo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Dwi Herman Susilo menyampaikan juga mengirim lima orang petugas kesehatan untuk membantu warga terdampak letusan gunung api tersebut.

"Selain tenaga kesehatan, kami juga mengirim satu unit ambulans, obat-obatan maupun vitamin, biskuit, makanan tambahan balita, susu SGM dan kebutuhan untuk kesehatan lainnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.