Sukses

133 Pelajar Tak Mampu di Bangkalan Dapat Beasiswa hingga Rp 4 Juta

Liputan6.com, Bangkalan Sebanyak 133 pelajar dan mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga miskin di  Bangkalan, mendapat beasiswa masing-masing sebesar Rp 1 juta hingga Rp 4 juta sesuai jenjang pendidikan.

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron saat menyerahkan beasiswa di Pendopo Agung, Senin (13/12/2021) menjelaskan, para penerima bantuan ini merupakan pelajar dari sejumlah sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bangkalan.

"Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam rangka menjaga keberlangsungan pendidikan bagi putra-putri daerah yang ada di Bangkalan ini," kata dia, dilansir dari Antara. 

Ia menyatakan, pendidikan merupakan salah satu jalur usaha yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, disamping usaha bantuan modal usaha dan bimbingan teknis pengelolaan manajemen usaha itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Abdul Latif juga menjelaskan pihaknya menginginkan agar sumber daya manusia (SDM) generasi muda Bangkalan ke depan terus membaik dan salah satunya melalui jalur pendidikan.

Hal yang menjadi kendala di lapangan, tidak semua pemuda Bangkalan bisa mengenyam pendidikan dengan baik, karena terkendala biaya.

"Maka dari itu, Pemkab mendukung berbagai upaya peningkatan kualitas SDM bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi secara akademik, akan tetapi tidak cukup biaya, melalui bantuan beasiswa ini," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 2 halaman

392 Orang Dapat Beasiswa

Program bantuan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi, akan tetapi tidak memiliki cukup biaya itu sejak 2019.

Pada 2019 bantuan beasiswa yang diserahkan Pemkab Bangkalan sebanyak 155 orang, pada 2020 sebanyak 124 orang, dan pada 2021 sebanyak 133 orang. Total jumlah siswa dan mahasiswa penerima bantuan beasiswa Pemkab Bangkalan hingga 2021 sebanyak 392 orang.

"Ingin rasanya kami menambah jumlah siswa dan mahasiswa penerima bantuan beasiswa ini, akan tetapi dana yang ada terbatas," kata dia.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bangkalan ini mengajak semua elemen masyarakat, baik perorangan maupun badan usaha menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu keberlangsungan pendidikan warga miskin di kabupaten itu, akan tetapi yang bersangkutan berprestasi secara akademik.