Sukses

Eri Cahyadi Ingin Kepala Daerah se-Jatim Punya Asosiasi, Siapa Ketuanya?

Untuk mewujudkan hal itu, Wali Kota Eri berencana mengundang Kapolrestabes bersama Forkopimda antar-Pemerintah Daerah (Pemda) di Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya bersama bupati dan wali kota di Jawa Timur, ingin mengembangkan kolaborasi dan kerja sama, salah satunya berkolaborasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antardaerah. 

"Kalau di tingkat Nasional ada Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), tingkat kabupaten ada Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Tapi di Jatim ingin menjadi satu, wali kota dan bupati menjadi satu bagian," kata Eri, Selasa (14/12/2021), dikutip dari Antara.

Untuk mewujudkan hal itu, Eri berencana mengundang Kapolrestabes bersama Forkopimda antar-Pemerintah Daerah (Pemda) di Jawa Timur. Hal ini dimaksudkan untuk membuat formula kolaborasi dan kerja sama, antara Forkopimda dengan Pemda lainnya. 

"Bagaimana mengkolaborasikan antara Forkopimda dengan Pemerintah Daerah yang bisa menjadi satu untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah lainnya," katanya. 

Menurut Eri, pihaknya sudah menyampaikan rencana tersebut kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang digelar di Kota Mojokerto, Senin (13/12).

"Insya Allah, ini baru pertama kali. Bu Gubernur menyampaikan itu," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khofifah Tunjuk Eri Cahyadi Jadi Koordinator

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai, bahwa Wali Kota Eri cocok menjadi kepala suku atau kepala koordinator antar-Pemda di Provinsi Jatim, karena selalu menunjukkan kepeduliannya untuk membantu Pemda lainnya. 

"Di antara bupati dan wali kota ada kepala suku dan kepala sukunya adalah Wali Kota Eri, karena beliau mendukung beberapa daerah lainnya," katanya.

Khofifah mencontohkan, Wali Kota Eri selalu tanggap darurat dalam membantu Pemda lainnya di Jatim. Bahkan, untuk mengejar capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi, Wali Kota Eri langsung menerjunkan jajarannya. 

"Kemarin beliau (Wali Kota Eri) juga mengirim bantuan ke Semeru. Saya melihat beliau memiliki keikhlasan luar biasa untuk saling tolong-menolong dan saling meringankan beban satu daerah dengan daerah yang lain," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.