Sukses

Gempa Jember Terasa hingga Bali, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Liputan6.com, Jember - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan terjadi gempa bumi Magnitudo (M) 5,1 pada 16 Desember 2021, pukul 06:01:33 WIB di Jember, Jawa Timur.

"Pusat gempa berada di laut 42 km baratdaya Jember," mengutip laman milik BMKG https://warning2.bmkg.go.id/, Kamis (16/12/2021).

Dalam keterangan tersebut, BMKG menyebut pusat gempa berada di laut 42 Km kedalaman 10 Km. Wilayah di sekitar laut Jember disebut merasakan getaran.

"Getaran dirasakan hingga III Denpasar, III Kuta, III Legian, II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang, I-II Bondowoso," tulis ketarangan tersebut.

BMKG meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena ada kemungkinan terjadi gempa susulan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

2 dari 2 halaman

Waspada Gempa Susulan

"Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis keterangan itu.

Meski demikian, gempa di laut Jember itu tidak berpotensi terjadinya tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," mengutip keterangan BMKG di akun Twitter.